MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KB ASSABIL PRANGGONG BOYOLALI

TEJA NURCAHYA, NIM. 1420431018 (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KB ASSABIL PRANGGONG BOYOLALI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KB ASSABIL PRANGGONG BOYOLALI)
1420431018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KB ASSABIL PRANGGONG BOYOLALI)
1420431018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Education is conscious effort to improve the skills, attitudes, and values, education is also an important asset for the progress of a nation. Early childhood education is one of the levels of education held before the level of basic education, but the problem is how about the children with special needs. Do they have to study in a formal education institution? and now children with special needs can be in formal schools that have inclusion programs. Assabil Playgroup became the pioneer of the inclusive education providers residing in pranggong andong boyolali. This institute conducts inclusive learning, as an effort to fulfill the educational rights of children with special needs The main problem of this research is how the inclusion learning for children with special needs in Assabil Playgroup ? This research is a qualitative research. The method used for data collection can be interview, observation, and documentation. The approach used in this paper is qualitative descriptive. The subjects of this study are principal, the teachers, the students who have special needs, as well as Management Learning, Inclusive Education. The result of this research is Concept of Inclusive Education at Assabil Playgroup includes the definition of inclusive education that is a conscious effort of the organizers and educators to accommodate and help learners with special needs in developing the potential. The Purpose of Inclusive Education contributes to a strong Islamic character in a child with special needs. While the curriculum assabil playgroup has four components, among them are curriculum objectives, curriculum content, curriculum implementation, curriculum evaluation. There are six teacher at assabil playgroup, all of them are women. Inclusion learning management in children with special needs include planning, organizing, implementing and evaluating learning. This inclusive learning plan is an early stage of the learning management function, in which teachers prepare to deal with children with special needs in regular classes. So the curriculum, the infrastructure facilities are also well prepared. All of this is well organized, choosing the top priorities of the strategy according to the material presented. While the implementation of inclusive learning includes three things, namely the initial activities, core activities and end activities. Ultimately, instructional management instructs teachers to always evaluate their learning in dayly, weekly, monthly and every year. ( INDONESIA ) Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha sadar untuk meningkatkan keterampilan, sikap, serta nilai-nilai yang ada dan pendidikan juga merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu jenjang pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, Namun persoalannya bagaimana dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) apakah mereka harus belajar di lembaga pendidikan formal ? sekarang anak berkebutuhan khusus bisa di sekolah formal yang memiliki program inklusi. Kelompok Bermain Assabil menjadi pelopor penyelenggara pendidikan inklusi yang berada di desa Pranggong kecamatan Andong Boyolali. Lembaga ini menyelenggarakan pembelajaran yang inklusif, sebagai upaya pemenuhan hak pendidikan anak-anak yang berkebutuhan khusus. Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran inklusi pada anak berkebutuhan khusus di KB Assabil, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam karya tulis ini adalah kualitatif dekriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa yang memiliki kebutuhan khusus, serta Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Inklusi. Hasil penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Inklusi di KB Assabil meliputi pengertian pendidikan inklusi yaitu merupakan upaya secara sadar dari para penyelenggara dan pendidik untuk mengakomodir dan membantu peserta didik berkebutuhan khusus dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di dalam dirinya. Tujuan Pendidikan Inklusi membantuk karakter Islami yang kuat dalam diri anak berkebutuhan khusus. Sedangkan kurikulum KB Assabil memiliki empat komponen, di antaranya adalah tujuan kurikulum, isi kurikulum, implementasi kurikulum, evaluasi kurikulum. Adapun guru di KB Assabil ada enam, yang semuanya perempuan. Manajemen pembelajaran inklusi pada anak berkebutuhan khusus meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran inklusi ini merupakan tahap awal dari fungsi manajemen pembelajaran, dimana guru menyiapkan diri untuk menghadapi anak-anak berkebutuhan khusus dalam kelas reguler. Sehingga kurikulumnya, sarana prasarananya juga dipersiapkan dengan matang. Semua ini diorganisasikan dengan baik, dengan memilih prioritas utama strategi sesuai dengan materi yang disampaikan. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran inklusi meliputi tiga hal, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada puncaknya, manajemen pembelajaran menginstruksikan guru untuk selalu mengevaluasi pembelajarannya dalam setiap hari, setiap pekan, setiap bulan dan setiap tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Learning Management, Children with Special Needs, Inclusion, Manajmen Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Inklusi
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:22
Last Modified: 02 Feb 2018 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29256

Actions (login required)

View Item View Item