NILAI-NILAI BELA NEGARA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pandangan Siswa Kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisucipto Yogyakarta 2016-2017 Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Bab Islam Abad Modern)

Hoerul Ansori, NIM. 13410038 (2017) NILAI-NILAI BELA NEGARA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pandangan Siswa Kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisucipto Yogyakarta 2016-2017 Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Bab Islam Abad Modern). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (NILAI-NILAI BELA NEGARA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pandangan Siswa Kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisucipto Yogyakarta 2016-2017 Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Bab Islam Abad Modern))
13410038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI BELA NEGARA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pandangan Siswa Kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisucipto Yogyakarta 2016-2017 Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Bab Islam Abad Modern))
13410038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latihan Bela Negara merupakan kewajiban yang sudah melekat di setiap warga negara dan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk mempertahankan dan mencintai tanah air kesatuan Republik Indonesia. Maka, untuk menanamkan rasa nasionalisme bagi peserta didik tidak semuanya diserahkan kepada guru pendidikan kewarganegaraan saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama (guru Pendidikan Agama Islam) dengan cara melakukan integrasi materi antara Pendidikan Agama Islam dengan nilai Nasionalisme ( bela negara) sehingga penanaman rasa nasionalisme di kalangan peserta didik akan semakin mudah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pandangan siswa SMK Penerbangan AAG Adisucipto mengenai nilai-nilai bela negara yang terkandung dalam mata palajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Mendeskripsikan alasan siswa SMK Penerbangan AAG Adisucipto mengenai nilai-nilai bela negara yang terkandung dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap materi Islam Abad Pertengahan. Penelitian ini merupakan Field research atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Wawancara yang dilakukan adalah wawancara yang bersifat terpimpin kepada 10 orang responden dengan berbentuk lisan, Sebagai penguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber yaitu, Siswa, Guru, Jurnal, media cetak dan buku. Setelah dilakukan penelitian, dengan mengambil 10 pandangan siswa mengenai nilai-nilai Bela Negara dalam Pendidikan Agama Islam dalam materi Islam abad pertengahan dibantu dengan informasi yang penulis dapatkan dari hasil wawancara dengan guru mata pelajar Pendidikan Agama Islam dan sumber lainnya. Didapatkan kesimpulan bahwa adanya kandungan nilai Bela Negara dalam Pendidikan Agama Islam dalam materi Islam abad pertengahan dengan merujuk pada tiga hal yaitu : Mempertahankan kekuasaan, munculnya para ilmuwan di masa Islam abad pertengahan, dan peran para tokoh. tiga hal tersebut hasil dari pandangan siswa yang mengambil dari unsur filosofis dan sejarah (Al- Qur’an dan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945) yang berkaitan dengan dua nilai bela negara yaitu kecintaan pada tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Noor Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Bela Negara, Islam Abad Pertengahan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Feb 2018 09:31
Last Modified: 02 Feb 2018 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum