KORELASI KEMAMPUAN TAHFIZUL QURAN DENGAN KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

MUHAMMAD MAULANA, NIM. 13410040 (2017) KORELASI KEMAMPUAN TAHFIZUL QURAN DENGAN KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KORELASI KEMAMPUAN TAHFIZUL QURAN DENGAN KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13410040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KORELASI KEMAMPUAN TAHFIZUL QURAN DENGAN KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
13410040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah setiap orang memiliki kepribadian masing-masing, salah satunya adalah kepribadian conscientiouness. Kepribadian conscientiouness merupakan salah satu kepribadian yang cenderung kepada sikap rasa tanggung jawab dan displin, dalam kegiatan tahfizul quran seharusnya para penghafal Alquran akan memiliki sikap conscientiouness. Namun kenyataan yang terjadi, siswa penghafal Alquran masih belum sadar akan tuntutan hafalan dan tanggung jawab yang harus ia emban. Mereka masih membolos menghafal, belum teguh pendirian untuk segera menghafal Alquran dan menjaganya. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui kecendereungan kepribadian conscientiouness siswa MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 2) mengetahui kemampuan tahfizul quran siswa MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 3) mengetahui hubungan antara tahfizul quran dengan kecenderungan kepribadian conscientiouness siswa MA Ali Maksum Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar MA Ali Maksum Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa MA Ali Maksum Yogyakarta yang berjumlah 64 siswa. Alat pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Pengujian analisis intrumen meliputi pengujian validitas, reliabilitas yang menunjukan bahwa keseluruhan butir item, yakni 16 butir item kecenderungan kepribadian conscientiouness dinyatakan valid sebanyak 16. Hasil uji reliabilitas menunjukan angka koefisien Alpha Cronbach’s sebesar 0,802. Pengujian normalitas menujukan nilai normal dengan nilai siginifikansi. Sedangkan pengujiam hipotesis menggunakan teknik analisis korelasional Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat kepribadian conscientiouness memiliki skor teringgi 64 dan terendah 40 dengan rata-rata 53,57, sedangkan tingkat kemampuan tahfizul quran memiliki skor tertinggi 100 dan terendah 64 dengan rata-rata 82,1. Dan ada hubungan antara kemampuan tahfizul quran dengan kecenderungan kepribadian conscientiouness dengan angka korelasi sebesar 0,369.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Tahfiz Al Qura'an, Kecenderungan Kepribadian Conscientiouness
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Feb 2018 09:40
Last Modified: 05 Feb 2018 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum