BIBEL SEBAGAI SUMBER TAFSIR DALAM QURAN: A REFORMIST TRANSLATION (STUDI INTERTEKSTUALITAS TERHADAP QS. AL-BAQARAH)

SITI ASIAH,, NIM. 1520510040 (2017) BIBEL SEBAGAI SUMBER TAFSIR DALAM QURAN: A REFORMIST TRANSLATION (STUDI INTERTEKSTUALITAS TERHADAP QS. AL-BAQARAH). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIBEL SEBAGAI SUMBER TAFSIR DALAM QURAN: A REFORMIST TRANSLATION (STUDI INTERTEKSTUALITAS TERHADAP QS. AL-BAQARAH))
1520510040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIBEL SEBAGAI SUMBER TAFSIR DALAM QURAN: A REFORMIST TRANSLATION (STUDI INTERTEKSTUALITAS TERHADAP QS. AL-BAQARAH))
1520510040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Sumber penafsiran merupakan seperangkat ilmu yang digunakan oleh mufassir untuk menemukan dan memberikan penjelasaan terhadap ayat-ayat al- Qur‟an. Sumber penafsiran ini seperti Hadis, sunnah, sirah, serta kaidah-kaidah tafsir yang dapat membantu dalam menemukan pesan Tuhan. Namun demikian, ada beberapa tafsir yang tidak hanya menjadikan sumber-sumber tersebut, melainkan mereka juga menggunakan Bibel atau yang dulu dikenal dengan Israiliyyat. Penggunaan sumber di luar Islam inipun menjadi perdebatan, ada yang membolehkan, ada yang tidak membolehkan, dan ada pula yang membolehkan dengan syarat-syarat tertentu. Salah satu tafsir yang membolehkan dan menggunakan Bibel sebagai sumber tafsir adalah Quran: a Reformist Translation. Quran: a Reformist Translation adalah kitab terjemah sekaligus tafsir yang ditulis oleh tiga reformis Islam yaitu Edip Yuksel, Layth Saleh al-Shaiban dan Martha Schulte Nafeh. Bukan hanya penggunaan Bibel sebagai tafsir al- Qur‟an yang menarik dalam karya ini, penolakan terhadap Hadis dan Sunnah, Sirah, asbab an-nuzul serta kaidah-kaidah tafsir dalam karya inipun menjadi perhatian. Oleh sebab itu, tesis ini bertujuan untuk menemukan latar belakang penggunaan Bibel sebagai sumber penafsiran, serta menganalisis lebih jauh tentang model pengutipan tersebut dengan fokus penelitian terhadap Qs. al- Baqarah. Dalam kajian silang teks ini, penulis menjadikan studi intertektualitas sebagai pisau analisis. Sedangkan dalam mengolah dan menganalisa data, penulis menggunakan metode analisis isi. Setelah melakukan penelitian dengan pendekatan dan metode analis isi di atas, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kerangka kerja kutipan Bibel sebagai tafsir al-Qur‟an merupakan upaya yang sangat apresiatif, dikarenakan selain silang refensi ini dapat memberikan gambaran yang lebih rinci terhadap persoalan-persoalan dalam kitab suci, penggunaan Bibel juga merupakan pilihan yang lebih tepat dibandingkan Israiliyyat. Adapun latar belakang pengutipan Bibel dalam Quran: a Reformist Translation penulis petakan menjadi tiga yaitu latar belakang kehidupan, transformasi pemikiran, dan transformasi religius yang semua ini menjadi hipogram teks dalam kutipan Bibel. Sedangkan model interteks dalam pengutipan Bibel dapat diklasifikasi menjadi empat yaitu Model rujukan (reference), Model komparatif (comparative), Model penjelasan (explanation), dan Model kritik (critism). Adapun kritik penulis terhadap pengutipan Bibel dalam karya ini adalah sehubungan dengan informasi versi Bibel yang menjadi rujukan dan referensi ilmiah sebagai bukti dalam memberikan kritik terhadap Bibel, bukan hanya bertumpu pada keyakinan akan kebenaran al-Qur‟an. Terlepas dari kritik-kritik ini, penulis memberikan apresiasi atas sudut pandang baru dalam tafsir ini yang memberikan kontribusi dalam perkembangan tafsir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ahmad Rafiq, S.Ag., M.Ag., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Bibel, Intertekstualitas, Qs. al-Baqarah, Quran: a Reformist Translation.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:55
Last Modified: 05 Feb 2018 03:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29274

Actions (login required)

View Item View Item