NILAI-NILAI TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DALAM FILM TANDA TANYA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

INA AGUSTINA, NIM. 13410164 (2017) NILAI-NILAI TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DALAM FILM TANDA TANYA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DALAM FILM TANDA TANYA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DALAM FILM TANDA TANYA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Bhineka / Plural merupakan ciri umat beragama di Indonesia, memang tidak ada satupun agama yang mengajarkan konflik atau kekerasan kepada pemeluknya. Semua komunitas umat beragama diharuskan saling mengasihi sesama tanpa melihat perbedaan yang ada. Nilai-nilai toleransi terdapat dalam jiwa seseorang yang mempunyai kerendahan hati, kemurahan hati, keramahan, dan kesopanan. Sehingga toleransi menghasilkan sebuah sikap yang sederhana, yakni kritik diri (self-criticism) atas keterbatasan pemahaman manusia. Untuk menjaga dan memelihara kerukunan dan toleransi yang merupakan ciri kepribadian bangsa, diperlukan kesatuan sikap dalam menyeleksi pengaruh-pengaruh yang akan merusak kepribadian bangsa. Skripsi ini membahas tentang Nilai-nilai toleransi seperti apa yang terkandung dalam film Tanda Tanya dan bagaimana relevansinya dengan tujuan pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah film “Tanda Tanya” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan ditulis oleh Titien Wattimena. Obyek penelitian ini adalah nilai-nilai toleransi antarumat beragama.Teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik dokumentasi dari sumber data primer berupa DVD (digital versatile disc) Film Tanda Tanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Tanda Tanya ini mengajak para pemirsa untuk bersikap toleransi dalam menyikapi perbedaan agama yaitu dengan Inklusif, saling menghormati, saling mengerti, serta tolong menolong agar tidak terjadi konflik antarumat beragama. Relevansi dengan tujuan Pendidikan Agama Islam antara lain untuk membentukan Akhlak yang baik dan budi pekerti (yang sanggup menghasilkan orang-orang bermoral

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Nilai Toleransi, Relevansi, Tujuan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:23
Last Modified: 06 Feb 2018 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum