PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG

ANIS CHOIRU NISA, NIM. 13410187 (2017) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG)
13410187_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG)
13410187_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang belum memiliki profesionalisme sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikasi. Hal ini tentu saja akan menimbulkan permasalahan dalam dunia pendidikan dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dan apa saja faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Al-Mu’min Muhammadiyah. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan empat guru PAI MTs Al-Mu’min Muhammadiyah. Data diperoleh dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung terdiri dari peran sebagai edukator, manajer, supervisor dan motivator. Sebagai edukator kepala madrasah meningkatkan profesionalisme guru dengan mengadakan workshop berbasis madrasah, mengikutkan guru dalam workshop diluar madrasah dan MGMP, dan membuat warning S1 kepada semua guru. Sebagai manajer kepala madrasah memberdayakan guru dalam sistem kerjasama, mengaktifkan guru dalam berbagai kegiatan madrasah dan memberikan kesempatan kepada para guru untuk meningkatkan profesionalnya, sebagai supervisor kepala madrasah melakukan kunjungan kelas, mengadakan percakapan pribadi dan mengadakan rapat rutin dengan semua guru. Sebagai motivator kepala madrasah berusaha melakukan pengaturan lingkungan fisik, memperbaiki pengaturan suasana kerja, memberikan dorongan dan memberikan penghargaan kepada guru teladan. (2) Faktor penghambat yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI adalah sulitnya memahami karakteristik setiap individu, adanya guru yang sulit berkembang dan kurangnya sarana prasarana di MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Temabarak Temanggung. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya seminar dan pelatihan yang diadakan oleh lembaga pendidikan lain diluar madrasah dan adanya guru-guru muda yang memiliki semangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2018 09:01
Last Modified: 06 Feb 2018 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum