TUTURAN BERBAHASA ARAB GURU DAN SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (ANALISIS KESANTUNAN)

HENDRIANA WIJAYA, NIM. 1520510107 (2017) TUTURAN BERBAHASA ARAB GURU DAN SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (ANALISIS KESANTUNAN). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TUTURAN BERBAHASA ARAB GURU DAN SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (ANALISIS KESANTUNAN))
1520510107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TUTURAN BERBAHASA ARAB GURU DAN SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (ANALISIS KESANTUNAN))
1520510107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This thesis is entitled "Arabic Teacher Speech in Ibnul Qoyyim Boarding School For Boys Yogyakarta for Lesson Year 2016/2017 (Analysis of Politeness)". This thesis examines Arabic speeches used by teachers when teaching in a classroom in terms of politeness of language. Then in analyzing the speech the researcher uses Leech's politeness theory. Determination of teachers as an object of study, given that teachers are more polite and able to speak with using arabic language than the student who are still at the learning stage. This research is aimed to find out the structure of Arabic speech that is used by the teacher and the politeness aspect of language in Arabic speech which is used by Ibnul Qoyyim Boarding School For Boys when teaching santri in class. This research is a qualitative research by collecting data by interacting with people in place of research. The method that researchers use in this study is divided into three namely the method of data provision, data analysis, and methods of data analysis results. After analyzing the direct speech by the subject teacher of Tamrin Lugah in Ibnul Qoyyim Boarding School For Boys with the theory of politeness of Geoffey Leech, it resulted in the tact maxim, the generosity maxim, the approbation maxim, the agreement maxim, and the sympathy maxim. Whereas in practice the teacher also violated the language-assisted language with the tact maxim, the approbation maxim, and the aggrement maxim, and researchers did not find the modesty maxim ( INDONESIA ) Tesis ini berjudul “Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 (Analisis Kesantunan)”. Tesis ini mengkaji tuturan berbahasa Arab yang digunakan oleh guru ketika mengajar di dalam kelas yang ditinjau dari segi kesantunan berbahasanya. Kemudian dalam menganalisis tuturan tersebut peneliti menggunakan teori kesantunan berbahasa Leech.Penentuanguru sebagai objek kajian, mengingat karena guru lebih bersikap santun dan mampu bertutur dengan menggunakan bahasa arab dibandingkan para santri yang masih pada tahap belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuistruktur tuturan berbahasa arab dan aspek kesantunan berbahasa pada tuturan berbahasa arab yang digunakan guru Pesantren Ibnul Qoyyim Putra ketika mengajar santridi kelas.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu metode penyediaan data, analisis data, dan metode hasil analisis data. Peneliti melakukananalisis terhadap tuturan langsung oleh guru mata pelajaran Tamrin Lugah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra tersebut ketika sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas dengan teori kesantunan Geoffey Leech.Analisis yang dilakukanoleh peneliti menghasilkan maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan,maksim kemufakatan, dan maksim kesimpatisan. Sedangkan pada praktek mengajar guru tersebut juga melakukan pelanggaran kesantuan berbahasa dengan maksim kebijaksanaan, maksim penghargaan, dan pelanggaran maksim kemufakatan, dan untuk maksim kesederhanaan peneliti tidak menemukannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Language Politeness, Arabic, Teacher's Speech, Kesantunan Berbahasa, Bahasa Arab, Guru
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Feb 2018 09:10
Last Modified: 06 Feb 2018 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum