Pengembangan Ensiklopedia Biologi Berbasis Potensi Lokal Situs Plawangan pada Sub-materi Pokok Fosil untuk Siswa SMA/MA Kelas XII

Siti Nurhadiyanti, 12680004 (2017) Pengembangan Ensiklopedia Biologi Berbasis Potensi Lokal Situs Plawangan pada Sub-materi Pokok Fosil untuk Siswa SMA/MA Kelas XII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Ensiklopedia Biologi Berbasis Potensi Lokal Situs Plawangan pada Sub-materi Pokok Fosil untuk Siswa SMA/MA Kelas XII)
12680004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Ensiklopedia Biologi Berbasis Potensi Lokal Situs Plawangan pada Sub-materi Pokok Fosil untuk Siswa SMA/MA Kelas XII)
12680004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ensiklopedia biologi berbasis potensi lokal situs Plawangan dan mengetahui kualitas ensiklopedia biologi sebagai sumber belajar untuk siswa SMA/MA kelas XII.Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap ensiklopedia yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE meliputi tahap Analysis (Analisis), tahap Design (Perencanaan), tahap Development (Pengembangan), tahap Implementation (Implementasi), dan tahap Evaluation (Evaluasi). Instrumen berupa angket check list. Kualitas modul biologi dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 orang peer reviewer, 2 guru biologi dan 10 respon siswa kelas XII IPA SMAN 1 Kragan. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia biologi berbasis potensi lokal situs Plawangan yang dikembangkan dengan model ADDIE memiliki kualitas yang sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 88.40%, berdasarkan penilaian reviewer, peer reviewer, dan guru biologi. Selain itu, respon siswa juga sangat baik terhadap ensiklopedia biologi berbasis potensi lokal situs Plawangan dengan persentase keidealan sebesar 86.67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk ensiklopedia biologi berbasis potensi lokal situs Plawangan sub-materi pokok fosil secara keseluruhan kualitasnya sangat baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SMA/MA kelas XII Kata kunci : Pengembangan, Ensiklopedia biologi, Potensi Lokal, Fosil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Ensiklopedia biologi, Potensi Lokal, Fosil
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:44
Last Modified: 12 Feb 2018 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29325

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum