Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Environmental Literacy Siswa Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata

Ma’rifatun, 12680030 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Environmental Literacy Siswa Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Environmental Literacy Siswa Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata)
12680030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Environmental Literacy Siswa Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata)
12680030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar siswa di sekolah Adiwiyata dan non Adiwiyata setelah penerapan model pembelajaran PBL, 2) Mengetahui Environment Literacy siswa di sekolah Adiwiyata dan non Adiwiyata setelah penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment dengan desain “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 1 Banguntapan dan MAN LAB UIN Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah kelas yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Diambil kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas Kontrol di SMA N 1 Banguntapan, sedangkan di MAN LAB UIN Yogyakarta, kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test dan atau uji Independent sampel Ttest untuk hasil belajar dan uji Mann Whitney U test untuk Environmental Literacy. Hasil belajar siswa di sekolah adiwiyata dan sekolah non adiwiyata setelah penerapan model pembelajaran PBL, menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara keduanya, dengan hasil pengujan sig. dengan independent t-test sekolah non adiwiyata sebesar 0,862 dan untuk sekolah adiwiyata sebesar 0,746. Adapun Environmental Literacy siswa di sekolah adiwiyata dan non adiwiyata setelah penerapan model pembelajaran PBL menunjukkan bahwa, environmental literacy di sekolah adiwiyata lebih tinggi dibandingkan sekolah non adiwiyata. Dari hasil uji Environmental Literacy dengan Mann Whitney U, nilai sig.sekolah non adiwiyata sebesar 0,0664 dan sekolah adiwiyata sebesar 0,980 Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Environmental Literacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Environmental Literacy
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:44
Last Modified: 12 Feb 2018 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum