NILAI-NILAI PENDIDIKAN KESADARAN HUKUM DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X DAN XI KURIKULUM 2013

SITI ROFIATUN, NIM. 13410188 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KESADARAN HUKUM DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X DAN XI KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KESADARAN HUKUM DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X DAN XI KURIKULUM 2013)
13410188_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KESADARAN HUKUM DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X DAN XI KURIKULUM 2013)
13410188_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam buku Pendidikan Agama Islam terdapat banyak nilai yang dapat diambil, misalnya nilai moral, nilai sosial, dan tak terkecuali nilai pendidikan kesadaran hukum. Pendidikan kesadaran hukum merupakan suatu hal yang sangat penting. Pendidikan kesadaran hukum merupakan salah satu sarana untuk membina dan meningkatkan kesadaran hukum dalam diri masyarakat. Dengan harapan, masyarakat dapat lebih sadar terhadap hukum dan mewujudkannya dengan berperilaku sesuai dengan hukum. Pada hakikatnya Pendidikan Agama Islam dapat turut andil dalam membina dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Salah satunya melalui buku teks pegangan siswa, bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini dapat digunakan sebagai salah satu media dalam meningkatkan kesadaran hukum. Pendidikan kesadaran hukum dalam kedua buku tersebut terlihat dalam bentuk memberikan pemahaman kepada peserta didik terhadap hukum, serta menuntun siswa memiliki nilai kesadaran hukum dalam dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian library research (penelitian kepustakaan). Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, artikel, dan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan nilai wawasan kebangsaan. Sedangkan dalam analisis datanya menggunakan content analysis (analisis isi), yaitu dengan mengidentifikasi karakteristik tertentu pada pesan dari suatu teks secara sistematis dan objektif. Hasil penelitian terhadap Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI Kurikulum 2013 adalah: (1) Terdapat nilai pendidikan kesadaran hukum dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI Kurikulum 2013 yaitu: nilai pengetahuan hukum, nilai pemahaman hukum, nilai sikap hukum dan nilai perilaku hukum. Nilai-nilai tersebut terdapat dalam beberapa bab-bab tertentu dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI Kurikulum 2013. Nilai pendidikan kesadaran hukum yang ada tidak secara eksplisit termuat dalam kedua buku tersebut, namun secara tersirat dapat ditemukan nilai-nilai pendidikan kesadaran hukum tersebut. (2) Secara garis besar pendidikan kesadaran hukum yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X dan XI Kurikulum 2013 sudah cukup jelas dan mudah dipahami, serta telah sesuai dengan konsep pendidikan kesadaran hukum yang harus diberikan pada siswa tingkat Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesadaran Hukum, buku siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:45
Last Modified: 07 Feb 2018 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum