PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Ahmad Zulmi Awalia R, NIM. 13680002 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
13680002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
13680002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini adalah jenis penelitian True Experimental Design dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas XE sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction dan kelas XA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sampel kelas diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengambilan data sikap kreativitas siswa menggunakan angket dan data hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test dan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap sikap kreativitas siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji statistik Mann Whitney U-Test, dengan nilai sig sebesar 0,029 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji statistik Mann Whitney U-Test pada nilai posttest siswa dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Kreativitas, Hasil Belajar, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Sikap Kreativitas, Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:44
Last Modified: 12 Feb 2018 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29329

Actions (login required)

View Item View Item