REPRESENTASI IDEOLOGI DALAM PEMBERITAAN CHANAL ALALAM TENTANG KELOMPOK DAISY, JABHAH NUSHRAH DAN JAISY AL-HUR PADA KONFLIK SURIAH (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS)

NURE KHUN RIKHTE H, NIM. 1520510057 (2017) REPRESENTASI IDEOLOGI DALAM PEMBERITAAN CHANAL ALALAM TENTANG KELOMPOK DAISY, JABHAH NUSHRAH DAN JAISY AL-HUR PADA KONFLIK SURIAH (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI IDEOLOGI DALAM PEMBERITAAN CHANAL ALALAM TENTANG KELOMPOK DAISY, JABHAH NUSHRAH DAN JAISY AL-HUR PADA KONFLIK SURIAH (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS))
1520510057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI IDEOLOGI DALAM PEMBERITAAN CHANAL ALALAM TENTANG KELOMPOK DAISY, JABHAH NUSHRAH DAN JAISY AL-HUR PADA KONFLIK SURIAH (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS))
1520510057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Bahasa memiliki simbol dan makna. Makna ini digunakan media untuk menyampaikan pesan termasuk di dalamnya Ideologi media. Bahasa channal al-Alam dalam memberitakan kelompok Dã’iṡ, Jabhah an-Nuṣra, dan al-Jaiṡ al-Ḥur nampak berbeda dengan bahasa berita media mainstream Amerika dan jihadis. Perbedaan ideologi tersebut dibentuk dari sejarah panjang negara Iran dan ingatan para jurnalis tentang revolusi Iran. Konteks sejarah dan ingatan jurnalis dibentuk dalam ruang kognisi sosial jurnalis, sehingga ada hal-hal yang berbeda antara realitas sebuah peristiwa dengan teks bahasa berita channal al-Alam. Bagaimana bahasa berita media al-Alam merepresentasikan ketiga kelompok tersebut dan bagaimana kognisi sosial jurnalis al-Alam membentuk wacana ketiga kelompok militan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjabarkan hubungan antara konteks sosial jurnalis channal al-Alam sebagai media pemerintah Iran dan kelompok Dã’iṡ, Jabhah an-Nuṣra, dan al-Jaiṡ al-Ḥur sebagai aktor di Suriah, melihat representasi bahasa media al-Alam tentang ketiga kelompok militan, dan menguak ideologi channal al-Alam dalam konstruksi kognisi sosialnya dalam pemberitaan ketiga kelompok militan tersebut. Representasi kelompok Dã’iṡ, Jabhah an-Nuṣra, dan al- Jaiṡ al-Ḥur dapat dianalisis menggunakan teori tekas wacana Roger Fowler dan kognisi sosial dapat dianalisis dengan teori Teun van Dijk. Teori Fowler akan mengungkap fungsi kosakata dan nilai-nilai pengalaman dan teori kognisi sosial Teun van Dijk dapat mngungkap konstruksi ideologi channal al-Alam dalam pemberitaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara konteks sosial, channal al- Alam dengan kelompok militan memiliki hubungan historikal. Media ini disponsori oleh pemerintah Iran yang memiliki hubungan erat dengan negara-negara Timur Tengah dan regional khususnya negara Suriah. Hasil penelitian representasi kelompok Dã’iṡ dan Jabhah an-Nuṣra menunjukkan bahwa mereka adalah kelompok teroris di konflik Suriah seperti diksi “irhãb” serta “iṡtibãkãt” dan kelompok al-Jaiṡ al-Ḥur merupakan kelompok yang diintervensi oleh Amerika pada konflik Suriah seperti dalam diksi “al-Jaiṡ al-Ḥur al-muwahhid”. Hasil penelitian kognisi sosial menunjukkan bahwa sejarah negara Iran mempengaruhi mental junalis chennal al-Alam dalam memproduksi berita. Cara negara Iran dalam menghadapi teroris di negara regional membuat al-Alam memarginalkan kelompok Dã’iṡ dan Jabhah an-Nuṣra dari konflk Suriah dan al-Jaiṡ al-Ḥur menjadi kelompok yang mem-backing kepentingan Amerika di Suriah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Burdah, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kognisi Sosial, channal al-Alam Iran, dan Kelompok Dã’iṡ, Jabhah an- Nuṣra, serta al-Jaiṡ al-Ḥur.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:48
Last Modified: 07 Feb 2018 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum