PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DISERTAI METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017.

Sulich Tiyani Wulandari, NIM. 13680006 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DISERTAI METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DISERTAI METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017.)
13680006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DISERTAI METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017.)
13680006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta T.A 2016/2017. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control grup design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling yaitu kelas XI IPA 4 (kelas ekserimen) dan XI IPA 1 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa menggunakan uji One Way Anova. Sementara itu, analisis hasil belajar biologi pada ranah afektif dan psikomotorik siswa menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif siswa dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05. (2) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi ranah afektif siswa dibuktikan dengan nilai p-value 0,98 > 0,05. (3) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) disertai metode Mind Map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi ranah psikomotorik siswa dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05. Kata kunci: Model CORE, Metode Mind Map, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Model CORE, Metode Mind Map, Sistem Reproduksi Manusia, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:44
Last Modified: 12 Feb 2018 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum