PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL

Vitki Febrianto, NIM. 13680033 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL)
13680033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 4 BANTUL)
13680033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest), dan angket. Analisis data menggunakan uji mann-whitney untuk motivasi belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji mann-whitney menunjukan asymp. sig. sebesar 0,022 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji mann-whitney untuk posttest siswa penunjukan nilai asymp. sig. sebesar 0,023 < 0,05. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ekosistem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2018 20:47
Last Modified: 07 Feb 2018 20:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum