PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Mizanul Arifin, NIM. 13680042 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
13680042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
13680042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian True Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes (pretest dan posttest). Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig. sebesar 0,018 yang berarti nilai sig. < 0,05 2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig. sebesar 0,780 yang berarti nilai sig. < 0,05 . Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2018 16:06
Last Modified: 08 Feb 2018 16:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum