PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM BIOMONITORING TERHADAP PENGETAHUAN, KESADARAN DAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA

Septiyana Khoiriyah, NIM. 13680043 (2017) PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM BIOMONITORING TERHADAP PENGETAHUAN, KESADARAN DAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM BIOMONITORING TERHADAP PENGETAHUAN, KESADARAN DAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA)
13680043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM BIOMONITORING TERHADAP PENGETAHUAN, KESADARAN DAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA UII YOGYAKARTA)
13680043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan praktikum biomonitoring terhadap pengetahuan, kesadaran, dan sikap kepedulian lingkungan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA UII Yogyakarta yang terdiri dari 33 siswa dari kelas XA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah dan demonstrasi dan 33 siswa dari kelas XB sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode biomonitoring, dengan sampling jenuh. Para siswa diberikan 45 soal angket dan 15 soal pilihan ganda. 45 soal angket terdiri dari 20 soal angket untuk mengukur kesadaran lingkungan siswa, 25 soal angket untuk mengukur sikap kepedulian lingkungan siswa, dan 15 soal pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan siswa. Analisis data menggunakan uji Independent sample t test untuk soal pretest karena data berdistribusi normal dan homogen, sedangkan untuk soal postest menggunakan uji Man Withney karena data berdistribusi normal, akan tetapi tidak homogen. Kemudian untuk data kesadaran dan sikap kepedulian lingkungan dianalisis menggunakan uji Man Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk data hasil belajar berdasarkan uji statistik Mann Withney U-test sebesar 0,016 (Sig. < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk nilai signifikasi data kesadaran lingkungan siswa sebesar 0,059 ( Sig. > 0,05) sehingga hal ini menunjukkan tidak adanya perbedaan kesadaran lingkungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada aspek sikap kepedulian lingkungan siswa hasil uji statistik menunjukkan hasil sebesar 0,058 ( Sig. > 0,05) yang berarti tidak adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : Biomonitoring, Pengetahuan, Kesadaran, Sikap Kepedulian Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Eka Sulistyowati, M.A.,MIWM
Uncontrolled Keywords: Biomonitoring, Pengetahuan, Kesadaran, Sikap Kepedulian Lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2018 16:06
Last Modified: 08 Feb 2018 16:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item View Item