PERAN PAI DALAM TERWUJUDNYA BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN PADA PROGRAM ADIWIYATA BAGI SISWA MTS N 6 SLEMAN

NURFANI ULFITA WIDYASARI, NIM. 13410212 (2017) PERAN PAI DALAM TERWUJUDNYA BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN PADA PROGRAM ADIWIYATA BAGI SISWA MTS N 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PAI DALAM TERWUJUDNYA BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN PADA PROGRAM ADIWIYATA BAGI SISWA MTS N 6 SLEMAN)
13410212_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PERAN PAI DALAM TERWUJUDNYA BUDAYA PEDULI LINGKUNGAN PADA PROGRAM ADIWIYATA BAGI SISWA MTS N 6 SLEMAN)
13410212_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia merupakan akibat dari perilaku manusia. Untuk mengembalikan fungsi lingkungan, pemerintah melakukan upaya untuk membentuk sensifitas warga Indonesia dengan lingkungan melalui program adiwiyata. Program tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Departemen Pendidikan Nasional. Madrasah yang identik dengan penanaman nilai-nilai agama Islam dalam aktivitasnya juga turut serta dalam menjalankan program adiwiyata. Pendidikan Agama Islam memiliki kaitan yang erat dalam mengatasi krisis lingkungan yang terjadi. Pendidikan berkaitan dengan fungsi intelektual melalui proses pendidikan, sedangkan agama Islam berkaitan dengan fungsi kesadaran etis. Dalam pelaksanaannya, pengaruh pendidikan agama Islam dalam terwujudnya peduli lingkungan hanya sekedar landasan teoritis. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran PAI dalam program adiwiyata untuk mewujudkan budaya peduli lingkungan siswa MTsN 6 Sleman dan pada aspek apa PAI memberikan kontribusi dalam terwujudnya budaya peduli lingkungan siswa MTsN 6 Sleman. Penelitian bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pendidikan agama Islam yang merupakan identitas madrasah berperan dalam suksesnya program adiwiyata dalam mewujudkan budaya peduli lingkungan pada siswa dan dalam aspek apa saja PAI berkontribusi dalam mewujudkan budaya peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTsN 6 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan, karena penelitian ini meneliti tentang interaksi sosial antar individu maupun kelompok. Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI, guru pembina adiwiyata, siswa, kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan bagian administrasi atau petugas tata usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah peneliti melakukan pengumpulan data, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data dengan mereduksi data atau memilih data yang pokok dan penting dan penyajian data atau melihat kembali gambaran keseluruhan. Baru selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PAI dalam terwujudnya budaya peduli lingkungan pada program adiwiyata adalah memberikan landasan spiritual kepada siswa terkait penduli lingkungan. PAI juga berperan mensukseskan program adiwiyata dalam memotivasi siswa untuk peduli terhadap lingkungan melalui pembelajaran dan keteladanan dari guru-guru PAI dan PAI berkontribusi dalam aspek-aspek adiwiyata seperti kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: PAI, Budaya peduli lingkungan, MTS N 6 Sleman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:40
Last Modified: 23 Mar 2020 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum