Booklet Identifikasi Mamalia di Kebun Binatang dan Lokasi Sekitar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa

Tiara Sabinta Ulli Zuniar, NIM. 13680047 (2017) Booklet Identifikasi Mamalia di Kebun Binatang dan Lokasi Sekitar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Booklet Identifikasi Mamalia di Kebun Binatang dan Lokasi Sekitar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa)
13680047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Booklet Identifikasi Mamalia di Kebun Binatang dan Lokasi Sekitar Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa)
13680047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan data identifikasi mamalia diberbagai lokasi penelitian (2) Menghasilkan booklet identifikasi mamalia sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP/Mts. (3) Mengetahui kelayakan booklet identifikasi mamalia yang dikembangkan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP/Mts. Penelitian ini diawali dengan mengambil gambar dan identifikasi mamalia, hasil penelitian awal mendapatkan 11 ordo, 29 family, 36 genus dan 45 spesies. Hasil penelitian dikembangkan menjadi booklet yang berisi tentang materi klasifikasi makhluk hidup, kunci determinasi sederhana, cara mencari ciri-ciri mamalia berdasarkan kunci determinasi tersebut serta hasil identifikasi mamalia dari tempat penelitian. Uji produk booklet ini dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 2 guru IPA dan 15 siswa kelas VII SMP. Hasil keseluruhan penilaian terhadap booklet identifikasi mamalia berbasis potensi lokal menunjukan persentase penilaian sebesar 79,24% yang termasuk dalam kualitas Baik (B), sedangkan respon siswa mendapatkan persentase penilaian sebesar 92% dengan kualitas Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa booklet yang dibuat peneliti mengandung data identifikasi mamalia, serta layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran IPA khususnya biologi sekaligus dapat digunakan siswa sebagai salah satu bahan ajar IPA yang digunakan secara mandiri. Kata Kunci: Booklet, Identifikasi, Mamalia, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Booklet, Identifikasi, Mamalia, Sumber Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:45
Last Modified: 12 Feb 2018 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum