PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Yufi Nugroho, NIM. 13680052 (2017) PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
13680052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL ARCS TERHADAP MOTIVASI, KESADARAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN)
13680052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap motivasi, kesadaran dan hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian semu (Quasi eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X 7 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ARCS dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung (direct instruction). Alat pengumpulan data adalah tes, angket motivasi belajar, angket kesadaran lingkungan, lembar observasi, lembar wawancara dan logbook. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test untuk motivasi belajar dan kesadaran lingkungan dan Independent Sample T-test untuk hasil belajar. Hasil penelitian untuk data motivasi belajar siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U Test sebesar 0,080 (p > 0,05) sehingga tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi untuk data kesadaran lingkungan siswa berdasarkan uji statistik Mann Whitney U Test sebesar 0,050 (p = 0,05) sehingga terdapat perbedaan kesadaran lingkungan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai signifikasi hasil belajar siswa diperoleh sebesar 0,000 (p < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa model ARCS tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kesadaran lingkungan siswa dan model ARCS berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Model ARCS, Motivasi Belajar, Kesadaran, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Model ARCS, Motivasi Belajar, Kesadaran, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:45
Last Modified: 12 Feb 2018 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum