MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Fibriana Anjaryati NIM. 02411224, (2009) MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img] Text (MODEL PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (186kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis model pendidikan kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, hasil yang dicapai dari pelaksanaan tersebut, dan memaparkan tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah cukup baik. Siswa yang melanggar diberi sanksi dan pembinaan sesuai dengan tingkat pelanggaran dan dikenai poin. Pelanggaran yang paling banyak adalah terlambat dan tidak masuk tanpa keterangan. 2). Faktor Pendukung pelaksanaan pendidikan kedisiplinan adalah: a. Sistem/aturan sekolah yang baik, SDM (Kesiswaan, BK, dan lain-lain) yang melaksanakan aturan dengan baik, kontrol masyarakat dan dukungan orang tua. b. Adanya ketegasan dari sekolah yang tidak terlepas dari keteladanan guru, peran aktif wali kelas, dan pelajaran BK masuk kelas. c. Keadaan para siswa ternyata tidak semua ingin melanggar, banyak siswa yang tertib daripada yang tidak tertib. d. Koordinasi dan kerjasama seluruh pimpinan sekolah sangat mendukung terciptanya disiplin di sekolah. e. Fasilitas sekolah seperti internet, perpustakaan, dan lain-lain juga mendukung siswa untuk mengembangkan dirinya dan tidak menggunakan waktunya untuk hal-hal yang negatif. f. Adanya mata pelajaran Akhlak yang secara implisit mengajarkan nilai-nilai dan lingkungan yang islami yang mendukung adanya kedisiplinan. 3). Faktor penghambatnya adalah: a. Banyaknya pekerjaan guru sehingga tidak dapat segera menindaklanjuti pelanggaran siswa. b. Ancaman sekolah lain (adanya gank-gank pelajar) yang memicu terjadinya tawuran, dan indoktrinasi dari alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta anggota gank (Oestad) kepada adik-adik di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. c. Kurangnya kebersamaan guru dalam menangani pelanggaran yang terjadi karena belum memiliki visi dan misi yang sama dalam menilai pelanggaran siswa. d. Orang tua yang jauh (bagi anak kos), kesibukan orang tua sehingga kurang memperhatikan anak dan hanya memberi materi yang berlebihan. e. Siswa tidak memahami pentingnya disipilin dan akibat melanggar disiplin. f. Jumlah kelas yang besar, terbatasnya tatap muka sehingga sulit untuk memonitor secara berkelanjutan. g. Terkadang orang tua tidak jujur dalam menginformasikan keadaan/perilaku putra-putrinya sehingga wali kelas kesulitan dalam membantu mengatasi permasalahan siswa. h. Perbedaan kondisi dan aturan yang ada di sekolah dengan yang ada di rumah. i. Siswa terkena dampak negatif globalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Disiplin, SMA Muhammadiyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:45
Last Modified: 08 Aug 2012 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2935

Actions (login required)

View Item View Item