PERAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KLATEN

SRI ERNAWATI, NIM. 13410241 (2017) PERAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KLATEN)
13410241_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KLATEN)
13410241_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi akhlak dan kesadaran beragama sebagian peserta didik yang masih jauh dari nilai-nilai keislaman. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya peserta didik yang berperilaku kurang mencerminkan dari ajaran agama Islam meskipun sudah dilaksanakan pembelajaran PAI di kelas. Pembelajaran PAI di kelas berjumlah tiga jam pelajaran dalam seminggu dan belum maksimal dalam membentuk akhlak dan kesadaran beragama peserta didik. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi adalah bagaimana peran serta kontribusi untuk membentuk akhlak dan kesadaran beragama peserta didik di SMK Negeri 1 Klaten. Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk mengetahui peran serta kontribusi Rohis yang meliputi proses pelaksanaan melalui berbagai kegiatan keagamaan di sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan secara proporsional dan logis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, Bentuk program kerja Rohis untuk membentuk akhlak dan kesadaran beragama peserta didik di SMK Negeri 1 Klaten melalui berbagai kegiatan keagamaan yang dikelola oleh masingmasing divisi. Kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga yaitu harian, bulanan, dan tahunan. Kegiatan harian di antaranya sholat dzuhur berjama’ah, membuka perpustakaan, bersih-bersih masjid, membuka kantin kejujuran, dan jasa print. Kegiatan mingguan di antaranya Pemberantasan Buta Huruf Al Qur’an (PBHA), TPA, pembuatan mading dakwah, tausiyah media sosial, kajian Islam, kajian nisa’, infaq jum’at, tabungan surga, jum’at bersih. Untuk kegiatan bulanan yaitu Pengajian Ahad Pagi. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap setahun sekali di antaranya qurban, pengumpulan dan pembagian zakat, pesantren kilat, MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa), training motivasi, wisuda PBHA.Kedua, peran Rohis SMK Negeri 1 Klaten untuk membentuk akhlak dan kesadaran beragama peserta didik yaitu menghidupkan masjid dan lingkungan sekolah sebagai sarana beribadah serta belajar, pembinaan pribadi qur’ani di kalangan pelajar muslim, pengadaan agenda-agenda yang menarik, dan pemilihan tema dan materi yang baik dalam setiap kegiatan. Ketiga, hasil kontribusi Rohis untuk membentuk akhlak dan kesadaran beragama peserta didik dapat dikatakan belum berhasil. Hal ini dibuktikan dengan belum meratanya manfaat dari kegiatan yang diadakan oleh Rohis sekolah. Sebagian peserta didik dapat merasakan manfaat dari adanya Rohis sekolah. Namun ada juga yang belum merasakan pengaruh dari kontribusi kegiatan Rohis sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Peran kerohanian, pembentukan akhlak, SMA 1 Klaten
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:24
Last Modified: 07 Feb 2018 04:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29361

Actions (login required)

View Item View Item