NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADA P PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Downloads

Downloads per month over past year

HELLIYATUN NIM. 05410196, (2009) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADA P PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL “HAFALAN SHOLAT DELISA” KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (2729Kb)
[img] Text (NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL “HAFALAN SHOLAT DELISA” KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213Kb)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah bahwa dalam kehidupan sosial kemanusiaan, pendidikan bukan suatu upaya yang melehirkan proses pembelajaran yang bermaksud membawa manusia menjadi sosok potensial secara intelektual melalui transfer of knowledge yang kental. Tetapi proses tersebut juga bermuara pada upaya pembentukan masyarakat yang berwatak, beretika, dan berestetika melalui transfer of value yang terkandung di dalamnya. Seperti halnya buku bacaan pengetahuan lain novel juga dapat difungsikan sebagai media pendidikan. Hanya saja hal ini tergantung pada keinginan dan latarbelakang pengarangnya, baik itu pendidikan pengetahuan, maupun pengalaman pribadi. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai-nilai Religius apa saja yang terkandung dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere-liye dan bagaimana relevansinya terhadap PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesan-pesan agama yang ada dalam sebuah karya sastra novel Hafalan Shalat Delisa, yakni tentang Nilai-nilai Religius. Dalam penelitian ini memilih novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere-liye yang di asumsikan mempunyai pesan Religius. Fokus penelitian ini ingin mengungkapkan nilai Religius dalam novel dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah apresiatif dalam menangkap pesan Pendidikan Agama Islam dalam karya sastra berupa novel. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan semiotik. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan analisis isi (content analisys). Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau nilai-nilai Religius yang ada dalam novel Hafalan Shalat Delisa, kemudian menafsirkan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai Religius yang terkandung dalam novel Hafalan Shalat Delisa adalah nilai pendidikan Aqidah (keimanan) yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab, iman kepada Rosul, dan iman kepada Takdir. Pendidikan Syariah (ibadah) yang meliputi perintah shalat, menuntut ilmu, beramal dengan tulus ikhlas, berdzikir dan berdoa kepada Allah. Pendidikan Akhlak (budi pekerti) meliputi akhlak terhadap diri sendiri (sabar, taubat, optimis, bersyukur, menerima hidayah dan menghindarkan diri dari sikap marah), akhlak terhadap orang tua (larangan durhaka terhadap kedua orang tua dan berbakti kepada kedua orang), akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap saudara, akhlak terhadap sesama (memberi salam dan saling tolong menolong) dan akhlak terhadap anak yatim. (2) Novel Hafalan Shalat Delisa mengandung nilai-nilai Religius dalam hal pendidikan Aqidah, Syariah dan Akhlak yang mempunyai relevansi dengan tujuan dan materi Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Religius, Novel, Hafalan Shalat Delisa, Karya Tere, Live, Relevansi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:54
Last Modified: 08 Aug 2012 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item