EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE LibQUAL+TM BERDASARKAN GENDER PEMUSTAKA di Perpustakaan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya

Aceng Wandi Wahyudin, NIM. 1520011013 (2017) EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE LibQUAL+TM BERDASARKAN GENDER PEMUSTAKA di Perpustakaan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE LibQUAL+TM BERDASARKAN GENDER PEMUSTAKA di Perpustakaan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya)
1520011013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE LibQUAL+TM BERDASARKAN GENDER PEMUSTAKA di Perpustakaan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya)
1520011013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ACENG WANDI WAHYUDIN. 1520011013. Tesis ini berjudul, “Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan menggunakan metode LibQUAL+TM Berdasarkan Gender Pemustaka di Perpustakaan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya - Tasikmalaya”. Gender adalah isu yang sangat penting yang hadir dalam setiap lini kehidupan manusia termasuk di kajian perpustakaan, melalui penelitian dengan metode LibQUAL+TM peneliti beusaha mengkaji kualitas layanan yang diberikan oleh perpustakaan IAILM kepada Pemustaka perempuan dan Laki-laki dan berusaha memastikan kesetaraan dan kesamaan Layanan yang diterima oleh mereka. Penelitian ini berupaya untuk mengevaluasi bagaimana kualitas layanan Perpustakaan IAILM menurut pemustaka perempuan dan laki-laki, dan mengevaluasi empat dimensi metode LibQUAL+TM di perpustakaan yang harus diperbaiki yaitu; kemampuan pustakawan dalam melayani, fasilitas dan suasana ruang, petunjuk dan sarana akses, dan akses informasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling dari 1.134 jumlah populasi diambil sampel sebanyak 287 dengan rincian 178 responden perempuan dan 109 laki-laki. Untuk analisisnya menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) yang muaranya adalah perbaikan kualitas layanan melalui diagram cartesius. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan Perpustakaan IAILM menurut pemustaka perempuan masih belum baik dan belum memenuhi harapannya, berdasarkan analisis gap diketahui total skor gapnya sebesar -0,65, dan nilai kualitas layanannya sebesar 0,85. Sementara itu menurut pemustaka laki-laki juga menganggap bahwa kualitasnya masih belum baik dan belum memenuhi harapannya. Berdasarkan analisis gap diketahui total skor gapnya sebesar -0,68 dan dan nilai kualitasnya sebesar 0,84. Berdasarkan nilai gap skor gap pemustaka perempuan lebih kecil daripada skor gap laki-laki, dan nilai kualitas layanan pemustaka perempuan lebih besar dari nilai laki-laki, hal ini menunjukkan layanan yang diterima oleh pemustaka perempuan lebih baik dari yang diterima oleh laki-laki. Adapun indikator yang terletak di kuadran I diagram cartesius yang harus diperbaiki menurut pemustaka perempuan terdapat empat indikator yang terdiri dari empat item, sementara menurut pemustaka laki-laki terdapat delapan indikator yang terdiri dari sepuluh item. Sebagai rekomendasi dari penelitian ini adalah: hendaknya membuat SOP dalam setiap kegiatannya, memaksimalkan seluruh potensi SDM untuk memberikan layanan prima, desain ruang perpustakaan sesuai kebutuhan pemustaka, melakukan studi kebutuhan pemustaka agar koleksi tepat guna dan sesuai kebutuhan, memasang rambu-rambu yang jelas, mudah dipahami, sehingga memudahkan dalam pencarian koleksi, melakukan pemeliharaan jaringan internet secara berkala, menambah kapasitas bandwith internet sesuai kebutuhan, dan memaksimalkan bimbingan dan user education. Kata kunci : Kualitas Layanan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, LibQUAL+TM , Gender, Pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, LibQUAL+TM , Gender, Pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2018 13:46
Last Modified: 07 Feb 2018 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum