PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN MELALUI PERPUSERU (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN NGUPOYO PINTER DESA BENDUNG DAN PERPUSTAKAAN GARDU PINTAR 2 DESA KEPEK KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

Nur Riani, NIM. 1520011017 (2017) PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN MELALUI PERPUSERU (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN NGUPOYO PINTER DESA BENDUNG DAN PERPUSTAKAAN GARDU PINTAR 2 DESA KEPEK KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN MELALUI PERPUSERU (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN NGUPOYO PINTER DESA BENDUNG DAN PERPUSTAKAAN GARDU PINTAR 2 DESA KEPEK KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
1520011017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN MELALUI PERPUSERU (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN NGUPOYO PINTER DESA BENDUNG DAN PERPUSTAKAAN GARDU PINTAR 2 DESA KEPEK KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
1520011017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perpustakaan Ngupoyo Pinter dan Gardu Pintar 2 sebelum dan sesudah bermitra dengan PerpuSeru. Selain itu juga untuk mengetahui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelibatan masyarakat yang terjadi di dua peerpustakaan, yaitu perpustakaan Ngupoyo Pinter dan Gardu Pintar 2. Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rancangan pengujian keabsahan data mengunakan uji kredibilitas. Adapun caranya menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan member check. Sedangkan metode dan teknik analisis datanya menggunakan model Mettew B. Miles dan A. Michael Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun hasilnya, yaitu 1) kondisi perpustakaan Ngupoyo Pinter sebelum bermitra dengan PerpuSeru, masih belum ada kegiatan, pengelolanya belum bisa mengaplikasikan komputer, dan ruangan perpustakaan masih berupa bilik bambu. Adapun dampak yang terlihat setelah bermitra dengan PerpuSeru, perpustakaan Ngupoyo Pinter mampu melaksanakan kegiatan kerjasama, mengembangkan pelibatan pada sektor ekonomi dan pertanian, serta memanfaatkan internet sebagai sarana promosi perpustakaan. 2) Perpustakaan Gardu Pintar 2 sebelum bermitra dengan PerpuSeru, kondisi perpustakaan masih layaknya gardu ronda, muncul pandangan negatif tentang gardu ronda, dan pengelolanya belum bisa mengoperasikan komputer serta muncul kekhawatiran tentang internet tidak sehat. Kemudian dampak yang terlihat di perpustakaan Gardu Pintar 2 setelah bermitra terlihat pada pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar masyarakat dan pusat kegiatan masyarakat, kondisi perpustakaan semakin ramai dengan adanya bantuan dari PT. Telkom, kegiatan produksi batik semakin berjalan, dan pandangan yang kurang baik terkait gardu ronda dan internet tidak sehat mulai hilang. Kata Kunci: Perpustakan Desa, PerpuSeru, Pemberdayaan Masyarakat, Pelibatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perpustakan Desa, PerpuSeru, Pemberdayaan Masyarakat, Pelibatan Masyarakat
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:12
Last Modified: 15 Feb 2018 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29373

Actions (login required)

View Item View Item