PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER DI SDN 02 SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG PROPINSI JAWA TIMUR (SEBUAH KAJIAN ISU PERENCANAAN STRATEGIS)

Atmasari Nurhayati, 1520011041 (2017) PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER DI SDN 02 SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG PROPINSI JAWA TIMUR (SEBUAH KAJIAN ISU PERENCANAAN STRATEGIS). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER DI SDN 02 SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG PROPINSI JAWA TIMUR (SEBUAH KAJIAN ISU PERENCANAAN STRATEGIS))
1520011041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER DI SDN 02 SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG PROPINSI JAWA TIMUR (SEBUAH KAJIAN ISU PERENCANAAN STRATEGIS))
1520011041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kajian perpustakaan sekolah dasar dengan pendekatan perencanaan strategis perpustakaan di SDN 02 Sumberagung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi lingkungan internal perpustakaan dan lingkungan eksternal perpustakaan yang mempengaruhi tumbuh kembang perpustakaan sekolah dasar serta merumuskan isu strategis yang dapat dijadikan landasan pembuatan rencana strategis guna pengembangan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan FGD. Penentuan informan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman melalui tiga tahap yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) penarikan kesimpulan.Uji validitas menggunakan teknik member check. Hasil identifikasi menunjukkan kondisi lingkungan internal perpustakaan SDN 02 Sumberagung lebih banyak memiliki kelemahan daripada kekuatan sedangkan kondisi eksternal memiliki peluang dan ancaman yang sama; hasil identifikasi tersebut di formulasikan kedalam matriks SWOT dan menghasilkan 7 isu strategis. Setelah melalui penyaringan kadar kestrategisanya melalui tes litmus terdapat hasil bahwa seluruh isu masuk kedalam kategori strategis. Isu strategis tersebut adalah : 1) Mengadakan penambahan koleksi bahan pustaka; 2) mempromosikan pelayanan jasa perpustakaan; 3) mengadakan bimbingan pemakai untuk mengatasi pemahaman tentang perpustakaan yang minim; 4) Mengoptimalkan dana BOS untuk memperbaiki/menambah fasilitas perpustakaan; 5) Menyusun kebijakan tentang pengembangan perpustakaan; 6) meningkatkan kerjasama pemanfaatan perpustakaan antara guru, orangtua, dan perpustakaan ; dan 7) dengan segala keterbatasan sarana prasarana perpustakaan harus berusaha memberikan pelayanan dan jasa perpustakaan. Dari hasil analisis lingkungan internal yang memiliki banyak kelemahan dibanding kekuatan, peneliti menyarankan perpustakaan SDN 02 Sumberagung membuat perencanaan strategis berdasarkan isu strategis yang muncul. Rencana strategis tersebut dituangkan dalam jangka waktu 5 tahun dengan rincian pada tahun pertama berfokus terhadap revisi kebijakan perpustakaan, tahun kedua dan ketiga berfokus pada penambahan dan perbaikan sarana prasarana, tahun ketiga dan keempat berfokus pada penambahan koleksi yang dibutuhkan, dan di tahun kelima berfokus pada kegiatan pengembangan perpustakaan. Kata kunci : perencanaan, strategi, perencanaan strategi, sumber belajar, perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Rokhyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: perencanaan, strategi, perencanaan strategi, sumber belajar, perpustakaan sekolah
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:12
Last Modified: 15 Feb 2018 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29375

Actions (login required)

View Item View Item