PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA PERILAKU PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SQ DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Alfiana Chofifah, NIM. 1520011044 (2017) PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA PERILAKU PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SQ DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA PERILAKU PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SQ DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1520011044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA PERILAKU PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SQ DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
1520011044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kecerdasan spiritual dihubungkan dengan perilaku di sekolah yang berbasis yayasan Masjid yaitu SMPIT Masjid Syuhada. Kegiatan yang dilakukan selain belajar-mengajar adapula yaitu salat dhuha, menghafal Al-Quran minimal juz 30, salat dzuhur berjamaah. Kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP IT Masjid Syuhada adalah salah satu langkah dan upaya dalam menumbuh kembangkan kecerdasan spiritual yang mana berkaitan erat dengan jiwa dan batin seseorang. Didukung pula dengan adanya 2 orang guru PAI dalam membina perilaku peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran apa yang dilakukan oleh 2 orang guru PAI tersebut dalam membina perilaku peserta didik bisa teratasi, serta hubungannya SQ dengan perilaku peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif. Subjek penelitian adalah 2 guru mata pelajaran PAI dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran yang dilakukan oleh guru PAI yaitu lebih kepada nilai-nilai sikap dan nilai-nilai kepribadian yang khusus. Proses pembinaanya melalui pembiasaan-pembiasaan, dalam seminggu sekali diadakan pembinaan sikap dan ibadah. Sedangkan dalam kelas kecil adanya program diniyah pagi yang mana bisa membantu guru PAI dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual peserta didik. (2) hubungannya antara SQ dan perilaku peserta didik di SMP IT Masjid Syuhada yaitu haruslah seimbang karena jika SQ baik maka dalam berperilaku juga akan baik. Jadi antara IQ, EQ dan SQ yaitu harus singkron karena ketiganya saling berkaitan dalam membentuk perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan. Kata kunci: Peran Guru PAI, SQ

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, SQ
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:12
Last Modified: 15 Feb 2018 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29377

Actions (login required)

View Item View Item