PROGRAM PARENTING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI DI TK AT-TAUFIQIYAH AENGBAJARAJA BLUTO SUMENEP)

THORIK AZIZ, NIM. 1520430007 (2017) PROGRAM PARENTING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI DI TK AT-TAUFIQIYAH AENGBAJARAJA BLUTO SUMENEP). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PARENTING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI DI TK AT-TAUFIQIYAH AENGBAJARAJA BLUTO SUMENEP))
1520430007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PARENTING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI DI TK AT-TAUFIQIYAH AENGBAJARAJA BLUTO SUMENEP))
1520430007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

The background of this research is the phenomenon of the low role of parents in taking care of children and the difficulties of teachers in implementing the teaching and learning process in early childhood education institutions of At-Taufiqiyah Kindergarten. Teachers have difficulty in implementing learning in schools because of the lack of educators and helpers as well as the perception of the majority of parents who positioned the child's success is entirely the responsibility of the teaching staff. This research used descriptive qualitative approach. Sources of data in this study are documentation and stakeholders‟ interview. Data collection techniques are observation, documentation and interviews. While the data analysis techniques performed through data reduction, data presentation and verifying or taking the conclusion. The result of the research showed that parenting program implemented in TK At-Taufiqiyah kindergarten are able to improve the quality of learning, improving children's achievement by applying parenting care after following parenting program consisting of motor, religious, emotional and social care. Improving the quality of learning is done by improving the professionalism of teachers, providing adequate learning facilities, involving parents in school and home learning activities, and understanding the principles of early childhood learning consisting of learning activities through playing and singing, applying learning oriented to child development, learning through life skills in socializing, learning from concrete objects, and integrated learning. ( INDONESIA ) Latar belakang penelitian ini adalah fenomena rendahnya peran orang tua dalam mengasuh anak serta kesulitan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak At- Taufiqiyah. Jajaran guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah karena minimnya tenaga pendidik dan tenaga pembantu serta persepsi mayoritas orang tua yang memposisikan kesusksesan anak sepenuhnya merupakan tanggung jawab tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan narasumber. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan kemudian menverifikasi atau mengambil simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program parenting yang diterapkan di TK At-Taufiqiyah dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan prerstasi anak yang dilakukan dengan adanya upaya menerapkan pengasuhan pendampingan setelah mengikuti program parenting yang terdiri dari pengasuhan fisik motorik, agama, emosi dan sosial. Peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan dengan cara meningkatkan profesionalitas guru, penyediaan fasilitas pembelajaran yang memadai, melibatkan orang tua dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah, dan memahami prinsip pembelajaran anak usia dini yang terdiri dari kegiatan belajar melalui bermain dan bernyanyi, menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan anak, menerapkan pembelajaran melalui kecakapan hidup dalam bersosialisasi, menerapkan pembelajaran yang belajar dari benda konkrit, dan menerapkan pembelajaran terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M..
Uncontrolled Keywords: Parenting Program, Learning Quality, Early Childhood Education, Program Parenting, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Anak Udia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Feb 2018 07:27
Last Modified: 07 Feb 2018 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29378

Actions (login required)

View Item View Item