Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pekerja Sosial dalam Penanganan Korban NAPZA di Lembaga Rehabilitasi Kunci Yogyakarta

Idham Khalid, NIM. 1520011048 (2017) Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pekerja Sosial dalam Penanganan Korban NAPZA di Lembaga Rehabilitasi Kunci Yogyakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pekerja Sosial dalam Penanganan Korban NAPZA di Lembaga Rehabilitasi Kunci Yogyakarta)
1520011048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pekerja Sosial dalam Penanganan Korban NAPZA di Lembaga Rehabilitasi Kunci Yogyakarta)
1520011048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan merupakan salah satu komponen yang melandasai keilmuan pekerja sosial dalam melakukan praktik penanganan. Dalam hal ini, keteramplan komunikasi merupakan salah satu bagaian dari keterampilan yang harus dimiliki oleh pekerja sosial dalam melakukan aktivitas praktiknya. Dari konteks tersebut penelitian ini ingin merespon dua petanyaan yaitu: 1) Bagaimana penerapan keterampilan komunikasi interpersonal pekerja sosial dalam penanganan korban NAPZA di Lembaga RKY. 2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi pekerja sosial dalam penerapan keterampilan komunikasi interpersonal dalam praktik penanganan terhadap korban NAPZA di Lembaga RKY. Guna memperoleh gambaran yang mendalam mengenai konsep tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mana peneliti mencoba untuk menggambarkan subyek penelitian, metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan keterampilan komunikasi interpersonal pekerja sosial dalam praktiknya menerapkan konsep mendengar aktif, berfikir sebelum mengeluarkan kata-kata, tidak selalu berfikir benar, dan terbuka. Namun dalam penerapan konsep tersebut tentu ada hal yang menjadi penghambat atau kendala dalam penerapan komunikasi interpersonal. Di lihat dari sisi pekerja sosial yang menjadi penghambat adalah pesan terlalu banyak dan kompleksitas pesan, sedangkan diihat dari sisi klien adalah klien tidak mendengarkan pesan yang disampaikan dan sikap klien yang reaktif, dalam hal ini yang dirangkum menjadi kendala internal dan eksternal yang berasal dari dalam diri pekerja sosial maupun dari luar dirinya. Kata Kunci: Penerapan, Keterampilan, Komunikasi Interpersonal, Pekerja Sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Latiful Khuluq, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Keterampilan, Komunikasi Interpersonal, Pekerja Sosial
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Feb 2018 10:13
Last Modified: 15 Feb 2018 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29379

Actions (login required)

View Item View Item