PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN

Ranu Nada Irfani, NIM. 1520011057 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN)
1520011057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN PENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI SMA ISLAM 3 PAKEM SLEMAN)
1520011057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan kenakalan remaja di Indonesia dirasa telah mencapai tingkat kondisi yang meresahkan masyarakat. Kondisi yang demikian ini seharusnya dapat mendorong pihak-pihak yang bertanggung jawab mengenai masalah ini, misalnya peranan keluarga, mengingat keluarga merupakan pendidikan pertama yang diperoleh anak. Adapun faktor lain yang tidak dapat dikesampingkan adalah kelompok edukatif di lingkungan sekolah. Kemudian masyarakat sekitar juga memiliki peranan sebagai kontrol sosial. Melihat begitu pentingnya peran dan pengaruh pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan remaja, perlu adanya kerja sama antara pihak keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai dan norma-norma sebagai upaya pembentukan kepribadian remaja agar terhindar dari perilaku kenakalan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan yang terdiri dari lingkungan pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan remaja, serta untuk mengetahui besar pengaruh persepsi siswa terhadap lingkungan pendidikannya terhadap kenakalan remaja di SMA Islam 3 Pakem Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini peneliti menentukan populasi di SMA Islam 3 Pakem Sleman dengan jumlah 68 siswa serta menjadikan seluruh siswa tersebut dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji determinasi menunjukkan lingkungan pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara bersama-sama memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap kenakalan remaja di SMA Islam 3 Pakem Sleman sebesar 50,9%. Dengan terbuktinya hipotesis tersebut, maka teori Ki Hajar Dewantara tentang Tripusat Pendidikan masih relevan digunakan dalam pendidikan saat ini dan dibutuhkan perhatian yang optimal dari ketiga lingkungan pendidikan tersebut. (2) Jika siswa memiliki persepsi yang positif terhadap lingkungan pendidikannya, maka perilaku yang diwujudkan akan baik. Sebaliknya, jika siswa memiliki persepsi yang negatif terhadap lingkungan pendidikannya, maka perilaku yang diwujudkan juga tidak baik, bahkan dapat memicu terjadinya kenakalan remaja. (3) Model pendidikan yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam membangun persepsi siswa yang berkorelasi dengan perilaku adalah model pendidikan yang menggunakan perpaduan tiga pendekatan, yaitu: pendekatan mikro, meso, dan makro. Kata kunci: persepsi siswa, lingkungan pendidikan, dan kenakalan remaja

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, lingkungan pendidikan, dan kenakalan remaja
Subjects: Psikologi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:13
Last Modified: 15 Feb 2018 03:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29381

Actions (login required)

View Item View Item