PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI/SD

UTI INAYATUN NIHLAH, NIM. 1520420029 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI/SD. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI/SD)
1520420029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI/SD)
1520420029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa fokus pembelajaran IPA adalah Akan tetapi, tidak semua objek IPA dapat dihadirkan langsung ke dalam kelas sehingga perlu adanya pengembangan media IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji karakteristik media yang dikembangkan. (2) mengkaji penilaian para ahli terhadap media yang dikembangkan. (3) mengkaji respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. (4) mengkaji efektivitas media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian dan pengembangan ini meliputi tahap perancangan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (a) media yang dikembangkan adalah media berbasis website dapat diakses melalui perangkat yang terhubung dengan jaringan internet (b) hasil penilaian ahli materi menunjukkan kelayakan media sebesar 73% dan termasuk kategori baik. Hasil validasi ahli media menunjukkan kelayakan media sebesar 91% dan termasuk kategori sangat baik. Hasil validasi guru sebagai praktisi menunjukkan kelayakan media sebesar 93,33%, termasuk kategori sangat baik. (c) Hasil angket respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan pada uji coba kelompok kecil adalah 83,63%, termasuk kategori sangat baik. Adapun hasil angket Respon peserta didik pada uji coba kelompok besar adalah 89,09%, termasuk kategori sangat baik. (d) Hasil uji One Way Anova menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis website dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Harga effect size media menunjukkan 0,758, berarti tingkat efektivitas media yang dikembangkan adalah sedang. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, IPA, Website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, IPA, Website
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2018 14:31
Last Modified: 19 Feb 2018 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum