UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PERILAKU BERAGAMA SISWA PADA MI SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Muhammad Fatkhan Muallifin, NIM. 1520421020 (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PERILAKU BERAGAMA SISWA PADA MI SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PERILAKU BERAGAMA SISWA PADA MI SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
1520421020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PERILAKU BERAGAMA SISWA PADA MI SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
1520421020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya motivasi beragama, membuat siswa kurang bertanggung jawab. Siswa hanya ingin mendapatkan nilai yang baik tanpa harus belajar dengan jalan mencontek. Hal ini perlunya meningkatkan motivasi dan perilaku beragama siswa agar dapat memiliki akhlaq yang baik tanpa harus melakukan perilaku yang keluar dari nilai-nilai agama. Bukan hanya dalam segi belajar namun juga beribadah di rumah maupun di madrasah. MI Sultaan Agung merupakan madrasah yang memiliki outcome yang baik. Oleh karena itu, peneliti mengangkat permasalahan yaitu: 1) Bagainama upaya MI Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta untuk meningkatkan motivasi beragama pada siswa 2) Bagaimana cara MI Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta dalam meningkatkan perilaku beragama pada siswa dan 3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi dan perilaku beragama pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat lapangan (field risearch). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dipilih yaitu Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Guru dan Siswa diperkuat dengan dokumen yang relevan guna menghasilkan data yang lebih valid. Hasil analisis menunjukkan upaya dalam meningkatkan motivasi beragama siswa MI Sultan Agung dapat diwujudkan dalam beberapa bentuk metode yaitu pemberian reward (hadiah), memberikan pujian, memberikan nilai tambah, sanksi atau hukuman, menciptakan persaingan sehat, menanamkan rasa tanggung jawab akan suatu kewajiban serta pendidikan karakter. Cara dalam meningkatkan perilaku beragama pada dimensi praktik agama diwujudkan dalam usaha utama yaitu pertama memasukkan ke dalam intrakulikuler, yang kedua pada program pendukung. Program pendukung dapat diklasifikasikan mejadi harian dan tahunan. Untuk kegiatan harian meliputi zikir setelah shalat wajib, do‟a, shalat Dhuha, shalat Zhuhur dan Ashar, kelas baris (murajaah), qiraati, serta menutup aurat. Sedangkan kegiatan tahunan meliputi pesantren ramadhan, qurban, dan puasa. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam meningkatkan perilaku beragama yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Untuk yang pertama faktor pendukung dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor yaitu faktor sekolah dan faktor kerjasama dengan wali murid. Untuk faktor sekolah meliputi peran serta warga sekolah, lingkungan madrasah, fasilitas dan sarana prasarana sekolah. Untuk faktor kerjasama dengan wali murid meliputi pertemuan wali murid, Buku Pemantauan Ramadhan serta tujuan yang sama semua pihak sekolah dan wali murid. Faktor kedua yaitu faktor penghambat dari upaya sekolah dalam meningkatkan perilaku beragama yang berasal dari kurangnya perhatian keluarga dan pergaulan negatif di lingkungan masyarakat. Kata kunci: Motivasi dan Perilaku Beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifuddin, MA.
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan Perilaku Beragama
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2018 14:32
Last Modified: 19 Feb 2018 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29385

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum