UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK RELIGIUISTAS SISWA (STUDI KASUS DI SD GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL)

Tri Mulyaningsih, NIM. 1520421025 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK RELIGIUISTAS SISWA (STUDI KASUS DI SD GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK RELIGIUISTAS SISWA (STUDI KASUS DI SD GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL))
1520421025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK RELIGIUISTAS SISWA (STUDI KASUS DI SD GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL))
1520421025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisa secara normatif dan empiris tentang upaya guru PAI dalam membentuk religiusitas siswa. Hasil dari penelitian ini harapannya dapat memberi sumbangan nyata bagi dunia pendidikan khususnya dalam ranah pendidikan madrasah khususnya lagi bagi guru-guru PAI serta orangtua di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil tempat penelitian di SD Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi dengan sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melalui metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru PAI SD Giripurwo dalam membentuk sikap Religiusitas siswa memang sudah berjalan dengan sangat baik. Meski tanpa dukungan orangtua atau wali murid yang maksimal Guru PAI membuat upaya yang sangat maksimal. Adapun upaya konkritnya yaitu; 1. Pembelajaran PAI, 2. TPA (ekstrakurikuler), 3. Hafalan Surat, 4. Peringatan hari besar Islam, 5. Sholat Dhuha, dan 6. Pemberia Kartu Sholat dan Iqro’. Faktor penghambat dan pendukung dalam upaya Guru PAI dlam membentuk sikap religiusitas siswa yaitu dari bidang sarana dan prasarana yang belum lengkap (belum ada musholla), peran yang pasif dari orang tua dalam pendidikan keagamaan Islam. Faktor pendukungnya yaitu upaya maksimal dari Guru PAI, Guru-guru reguler, serta kecakapan Kepala Sekolah dalam memanajemen sekolah serta suasana atau lingkungan sekolah yang kondusif untuk belajar. Kata kunci : Upaya Guru PAI, Sikap Religiusitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag, M.S.W.Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Sikap Religiusitas
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2018 14:32
Last Modified: 19 Feb 2018 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum