PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI

LIBRI RIZKA PURI WINDARTA, NIM. 1520431004 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI)
1520431004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERMAIN SAINS MELALUI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONSAL ANAK DI TK ABA SUMBERADI)
1520431004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Libri Rizka Puri Windarta. Pengembangan Modul Bermain Sains Melalui Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sosial Emosional Anak di TK ABA Sumberadi. Penelitian ini berdasarkan pengamatan ada kekurangan dalam pemberian kegiatan sains di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal tersebut menyebabkan kurangnya kemampuan anak dalam bidang sains. Sebenarnya di TK tersebut sudah menerapkan kegiatan sains namun kegiatan yang diberikan anak berupa Lembar Kerja Anak tanpa ada kegiatan langsung yang mengajak anak untuk terjun langsung dalam kegiatan sains sehingga anak kurang antusias terhadap pembelajaran yang diberikan. Untuk itu peneliti mengembangkan sebuah metode bermain sains melalui inkuiri terbimbing dalam bentuk modul yang nantinya akan menjadi panduan praktis bagi pendidik PAUD khususnya anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul serta mengetahui kelayakannya dalam penggunaan. Proses pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Teknik pengumpulan data terdiri dari dua yaitu pertama non-tes yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kedua, test yang benbentuk pretest dan posttest yang akan diberikan sebelum dan sesudah ujicoba pada pendidik. Peneliti melakukan observasi dan wawancara untuk mengeksplor bahan sebelum pengembangan. Langkah selanjutnya adalah membuat prototipe bahan pengembangan yang kemudian di validasi oleh ahli media, ahli materi, teman sejawat, dan pendidik. Setelah itu dilakukan revisi desain produk yang kemudian digunakan dalam ujicoba skala kecil. Revisi produk dilakukan kembali sebelum digunakan dalam ujicoba skala besar. Selanjutnya produk digunakan dalam ujicoba skala besar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor penilaian keseluruhan validator dalam hal ini ahli media, ahli materi, teman sejawat dan pendidik diperoleh skor 4,36 yang berada pada kategori “sangat baik”. Skor respon pendidik dalam ujicoba skala kecil sebesar 85,2% yang berada pada kategori “sangat tinggi” dan skor respon pendidik dalam ujicoba skala besar sebesar 4,72 dengan prosentase 94,4% yang berada pada kategori “sangat tinggi”. Selanjutnya hasil pretest dan posttest berdasarkan analisa data penelitian menunjukkan adanua peningkatan kemampuan dalam penerapan metode bermain sains melalui inkuiri terbimbing dengan nilai pretest rata-rata 11,6 sedangkan posttest rata-rata 17,8 sehingga mengalami peningkatan 6,2 dengan gain standar 0,71 pada ujicoba skala besar. Nilai gain standar tersebut masuk dalam kategori “tinggi”. Observasi peningkatan kemampuan pada pendidik dengan menggunakan modul mencapai 96,1%, sehingga masuk kategori “Sangat tinggi”. Dengan demikian penggunaan modul dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan menggunakan metode bermain sains melalui inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suyadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Modul, Bermain Sains, Inkuiri Terbimbing
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2018 09:54
Last Modified: 08 Feb 2018 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item