PENGARUH PENDIDIKAN LATIHAN PROFESI GURU DAN SUPERVISI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DI KABUPATEN KLATEN

UMI FADLILAH, NIM. 1520431005 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN LATIHAN PROFESI GURU DAN SUPERVISI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DI KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN LATIHAN PROFESI GURU DAN SUPERVISI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DI KABUPATEN KLATEN)
1520431005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN LATIHAN PROFESI GURU DAN SUPERVISI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DI KABUPATEN KLATEN)
1520431005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This study aims to determine 1) the influence of education of teacher profession on pedagogic competence of early childhood teachers in Kabupatn Klaten, 2) the influence of supervision on pedagogic competence of early childhood teachers in Klaten District, and 3) the influence of teachers profesioan training and supervision education jointly to the pedagogic competence of early childhood teachers Klaten District. The method used in this research is corelational research method. Place of study in Klaten District. Subjects in this study are PAUD teachers in Klaten District who have passed the Professional Teacher Training in 2015 totaling 88 people. Instrument of data collection with documentation and questionnaire. Technique to test data by using technique of validity test and reliability test. Data analysis to test the research hypothesis was done by using SPSS 16.0 for simple regression and multiple regression. The results of this study indicate that 1) there is a significant influence between training education on pedagogic competence of early childhood teachers in Klaten Regency with the result of t-count 4,486 with p 0.05, coefficient r1y = 0.680 with probability p = 0.061 and contribution of influence to pedagogic teacher competence Of 18.3%. Its significant influence is indicated by F-arithmetic = 19.266 with p 0.05; 2) there is a significant influence of supervision on pedagogic competence of early childhood teachers in Klaten regency with t-count = 4.159 with p 0.05, coefficient r2y = 1.321 with probability p = 0.061 and contribution of influence to pedagogic competence of teacher equal to 16%. Significant influence is indicated by F-count = 19.266 with p 0.05; 3) there is the influence of teacher training and supervision of teachers' professions together on pedagogic competence of early childhood teachers in Klaten Regency with F-hitung = 20.019 with p 0.05 coefficient of 0.321 and contributed 32.1% ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pendidikan latihan profesi guru terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupatn Klaten, 2) pengaruh supervisi terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupaten Klaten, dan 3) pengaruh pendidikan latihan profesi guru dan supervisi secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Tempat penelitian di Kabupaten Klaten. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAUD yang ada di Kabupaten Klaten yang telah lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru pada tahun 2015 sejumlah 88 orang. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Teknik untuk menguji data dengan menggunakan tehnik uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 untuk regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan latihan profesi guru terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupaten Klaten dengan ditunjukkan hasil t-hitung 4.486 dengan p0.05, koefisiennya r1y=0.680 dengan probabilitas p=0.061 dan sumbangan pengaruhnya terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 18.3% . Pengaruh signifikannya ditandai oleh F-hitung=19.266 dengan p0.05; 2) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupaten Klaten dengan nilai t-hitung=4.159 dengan p0.05, koefisiennya r2y=1.321 dengan probabilitas p=0.061 dan sumbangan pengaruhnya terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 16%. Pengaruh signifikannya ditandai oleh F-hitung=19.266 dengan p0.05; 3) terdapat pengaruh pendidikan latihan profesi guru dan supervisi secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru PAUD di Kabupaten Klaten dengan nilai F-hitung=20.019 dengan p0.05 koefisiennya sebesar 0.321 dan memberikan kontribusi sebesar 32.1%

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Education of teacher profession, supervisi, and pedagogic competency, Pendidikan pelatihan profesi guru, supervisi, dan kompetensi pedagogic
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2018 10:05
Last Modified: 08 Feb 2018 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum