IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN MELATIH KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI TK ANNURIYAH BULUREJO KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI

RIRIS WAHYUNINGSIH, NIM. 1520430009 (2017) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN MELATIH KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI TK ANNURIYAH BULUREJO KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN MELATIH KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI TK ANNURIYAH BULUREJO KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI)
1520430009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN MELATIH KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI TK ANNURIYAH BULUREJO KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI)
1520430009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This study is based on the number of children who do not know the importance of mastery of reading the Qur'an in proper and correct way. They only read the Qur‟an without paying attention to the correct rule of reading it. Only a few of them are able to read the holy book of Qur‟an properly, correctly and in accordance with the rule of reading Qur‟an. Some children still requireteaching and guidance that are more intensive. Early child who has a very good memory becomes the reason to teach a good thing easily from the early age, as well as how to read Qur‟an properly, correctly and in accordance with the rules. Therefore, they can remember and apply it when they are grown up. The goal of the reading method of Qur‟an is to minimize errors in reading Qur‟an by teaching it from early age and to take more value in order to improve the character of discipline from this learning method of reading Qur‟an. This research is a case study research with descriptive qualitative approach that has done in Kindergarten Annuriyah of Banyuwangi Regency. This research aims to describe: (1) the implementation of Qiraati Method in Kindergarten Annuriyahof Banyuwangi Regency, (2) the development of the ability to read Al-Qur'an and training discipline in early childhood, (3) supporting and inhibiting factors of implementation of Qiraati Method in developing the ability to read Qur‟an and training the discipline of students in Kindergarten AnnuriyahBanyuwangi. The data collection techniques of this research are observation, interview, and documentation. The result of the research shows that the implementation of Qiraati method that has been arranged in very neat and conceptual way makes the development of the ability to read Qur‟an using Qiraati method runs very well, even some students have finished to read Qur‟an. All rules implemented not only in the school environment but also at home during the learning process makes students have a very high level of discipline. The supporting factors owned include the foundation, teachers, the environment, and even the parents of students who have the same thoughts. The inhibiting factors are such as students who lack the spirit, parents of student who are difficult to work together and management classes that are not running well yet ( INDONESIA ) Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak yang tidak mengetahui pentingnya penguasaan membaca Alquran dengan baik dan benar. Membaca ayat Alquran tanpa melihat panjang pendeknya bacaan dan cenderung asal baca. Hanya sebagian saja yang mampu membaca kitab suci Al-Qur‟an dengan baik dan benar serta sesuai dengan qaidah membaca Al-Qur‟an. Sebagian lagi masih memerlukan pengajaran dan bimbingan yang lebih intensif. Anak usia dini yang memiliki daya ingat yang sangat baik, menjadi alasan lebih mudahnya mengajarkan sesuatu yang baik di mulai dari dini, seperti halnya cara membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar yang sesuai dengan qaidahnya, agar anak dapat mengingat dan mengaplikasikannya ketika telah dewasa. Tujuannya adalah meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam membaca Al- Qur‟an dengan mengajarkannya sejak dini, serta mengambil nilai lebih guna meningkatkan karakter kedisplinan dari metode pembelajaran membaca Al- Qur‟an ini. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di TK Annuriyah Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan tentang: (1) implementasi Metode Qiraati di TK Annuriyah Kabupaten Banyuwangi, (2) mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dan melatih kedisiplinan pada anak usia dini, (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Qiraati dalam mengembangkan kemampuan membaca Alquran dan melatih kedisiplinan siswa di TK Annuriyah Banyuwangi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Metode Qiraati yang sudah di tata dengan sangat rapi dan terkonsep menjadikan pengembangan kemampuan membaca Al-Qur‟an menggunakan Metode Qiraati berjalan dengan baik, sebagian besar siswa sudah bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan lancar, bahkan beberapa siswa justru telah khotam Al-Qur‟an. Segala aturan yang dilaksanakan selama proses belajar tidak hanya di lingkungan sekolah akan tetapi juga di rumah menjadikan siswa memiliki tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi. Faktor pendukung yang dimiliki adalah yayasan, guru, lingkungan bahkan wali murid yang memiliki pemikiran yang sejalan. Pada faktor pengahambat adalah siswa yang kurang semangat, wali murid yang sulit di ajak kerja sama serta managemen kelas yang belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemunah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Impementation of Qiraati Method, Reading Ability and Dicipline, Implementasi Metode Qiraati, Kemampuan Membaca, Kedisiplinan.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2018 10:19
Last Modified: 08 Feb 2018 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum