KARAKTERISTIK HABITAT KATAK POHON HIJAU (RHACOPHORUS REINWARDTII) DEWASA DI SEKITAR KAWASAN LERENG GUNUNG UNGARAN JAWA TENGAH

ASTI SEKAR WENING, NIM. 11640014 (2017) KARAKTERISTIK HABITAT KATAK POHON HIJAU (RHACOPHORUS REINWARDTII) DEWASA DI SEKITAR KAWASAN LERENG GUNUNG UNGARAN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISTIK HABITAT KATAK POHON HIJAU (RHACOPHORUS REINWARDTII) DEWASA DI SEKITAR KAWASAN LERENG GUNUNG UNGARAN JAWA TENGAH)
11640014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISTIK HABITAT KATAK POHON HIJAU (RHACOPHORUS REINWARDTII) DEWASA DI SEKITAR KAWASAN LERENG GUNUNG UNGARAN JAWA TENGAH)
11640014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gunung Ungaran merupakan kawasan pegunungan dengan ketinggian 2.050 mdpl yang terletak di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Gunung Ungaran merupakan salah satu lokasi persebaran katak pohon hijau (Rhacophorus reinwardtii) yang memiliki status konservasi NT (Near Threated). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari jenis vegetasi habitat, parameter lingkungan dan karakteristik habitat dari katak pohon hijau (Rhacophorus reinwardtii) dewasa di kawasan lereng Gunung Ungaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2016 di Dusun Promasan Gunung Ungaran pada ketinggian 1.800 mdpl. Penelitian ini menggunakan metode VES (Visual Encounter Survey) dengan bantuan transek jalan setapak serta melakukan ploting seluas 5X5 secara (purposif sampling). Hasil penelitian menyatakan jenis vegetasi yang menjadi habitat Rhacophorus reinwardtii antara lain Coffea arabica (perdu), Psidium guajava (pohon), Cordyline sp (perdu), Canaga odorata (perdu), Micellia campaka (pohon) dan Camellia sinensis (perdu). Rhacophorus reinwardtii beraktivitas pada mlam hari dengan parameter lingkungan suhu udara antara 20,2-26°C, kelembaban udara 69-95%, suhu tanah 19-21°C, kelembaban tanah 40-70% dan pH tanah 6,4-7. Karakteristik habitat Rhacophorus reinwardtii di dusun Promasan merupakan habitat bersinambung dengan ciri habitat kawasan sumber air serta perbatasan pemukiman dengan hutan primer dan pemilihan vegetasi dengan kisaran tinggi 1- 10,45 m; tinggi kanopi 0,17- 10 m; blc 0,41- 2,21 m; keliling batang 0,07- 0,98m; dengan bentuk kanopi (Spreading, Columnar, Pyramidal), serta model arsitektur (Raux, Troll, Corner, Attim’s, Massart).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Gunung Ungaran, Karakteristik Habitat, Katak Pohon, Rhacophorus reinwardtii.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2018 12:07
Last Modified: 08 Feb 2018 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum