GAMBARAN ANATOMI KOMPARATIF VERTEBRAE CAUDALES BUAYA MUARA (CROCODYLUS POROSUS), BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA) DAN KLARAP (DRACO VOLANS)

AIDHA ROSEL, NIM. 11640017 (2017) GAMBARAN ANATOMI KOMPARATIF VERTEBRAE CAUDALES BUAYA MUARA (CROCODYLUS POROSUS), BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA) DAN KLARAP (DRACO VOLANS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAMBARAN ANATOMI KOMPARATIF VERTEBRAE CAUDALES BUAYA MUARA (CROCODYLUS POROSUS), BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA) DAN KLARAP (DRACO VOLANS))
11640017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAMBARAN ANATOMI KOMPARATIF VERTEBRAE CAUDALES BUAYA MUARA (CROCODYLUS POROSUS), BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA) DAN KLARAP (DRACO VOLANS))
11640017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ekor Reptil memiliki fungsi yang unik sebagai pertahanan diri, autotomi, dan menjaga keseimbangan saat berada di alam. Buaya Muara (Crocodylus porosus), Bunglon Jawa (Broncochela jubata), dan Klarap (Draco volans) merupakan kelas Reptilia yang menggunakan ekornya dengan fungsi yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran perbandingan struktur anatomi vertebrae caudales (tulang ekor) spesies Buaya Muara (Crocodylus porosus), Bunglon Jawa (Bronchocela jubata), dan Klarap (Draco volans). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan morfologi dengan metode rebus, metode X-Ray, dan metode pewarnaan Alizarin Red’s dan Alcian Blue. Hasil penelitian menunjukkan struktur anatomi vetebrae caudales (tulang ekor) pada spesies Buaya Muara memiliki struktur tulang lebih besar dibandingkan struktur tulang Bunglon Jawa dan Klarap. Struktur anatomi vetebrae caudales (tulang ekor) pada spesies Klarap memiliki struktur tulang lebih kecil dibandingkan struktur tulang Buaya Muara dan Bunglon Jawa. Struktur anatomi vetebrae caudales (tulang ekor) pada spesies Bunglon Jawa memiliki struktur tulang lebih panjang dari panjang tubuhnya. Vertebrae caudales ketiga spesies tersebut tidak memiliki bidang patahan ekor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ja’far Luthfi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Buaya Muara (Crocodylus porosus), Bunglon Jawa (Bronchocela jubata), Klarap (Draco volans) dan Vertebrae caudales.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2018 16:01
Last Modified: 08 Feb 2018 16:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum