NILAI AIR POLLUTION TOLERANCE INDEX (APTI) DAN KARAKTERISTIK STOMATA POHON DI LINGKUNGAN PABRIK GULA MADUKISMO BANTUL YOGYAKARTA

ROMY DYAH RAHMAWATI, NIM. 13640020 (2017) NILAI AIR POLLUTION TOLERANCE INDEX (APTI) DAN KARAKTERISTIK STOMATA POHON DI LINGKUNGAN PABRIK GULA MADUKISMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI AIR POLLUTION TOLERANCE INDEX (APTI) DAN KARAKTERISTIK STOMATA POHON DI LINGKUNGAN PABRIK GULA MADUKISMO BANTUL YOGYAKARTA)
13640020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (NILAI AIR POLLUTION TOLERANCE INDEX (APTI) DAN KARAKTERISTIK STOMATA POHON DI LINGKUNGAN PABRIK GULA MADUKISMO BANTUL YOGYAKARTA)
13640020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pencemaran udara di kawasan industri merupakan salah satu sumber polutan di daerah perkotaan. Pencemaran udara memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tumbuhan, hewan, manusia, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan tingkat toleransi pohon di lingkungan Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta berdasarkan nilai APTI dan karakteristik stomata. Penentuan titik sampel dilakukan dengan membagi 4 kuadran di sekitar pabrik pada radius ±200 m dari sumbu utama, kemudian pengujian sampel dilakukan dengan perhitungan APTI dan karakteristik stomata. Hasil penelitian berdasarkan uji APTI menunjukkan bahwa pohon angsana (96,13) termasuk kategori pohon sangat toleran, pohon mangga (20,69), jati (19,21), sukun (19,79), dan ketapang (20,24) termasuk pohon toleran dan pohon kelapa (7,93), kersen (2,09), melinjo (10,63), glodokan tiang (10,53), bambu (3,66), waru (16,05), petai cina (3,66), rambutan (5,6), dan kiara payung (13,88) termasuk kategori sensitif. Tanaman yang memiliki nilai APTI tinggi dapat digunakan sebagai penyerap polusi yang baik dan tanaman yang memiliki nilai APTI rendah dapat digunakan sebagai bioindikator polusi. Rekomendasi tanaman yang dapat digunakan sebagai penyerap polusi yang baik seperti pohon angsana, mangga, jati, sukun dan ketapang. Rekomendasi tanaman yang dapat digunakan sebagai bioindikator polusi seperti pohon kelapa, kersen, melinjo, glodokan tiang, bambu, waru, petai cina, rambutan, dan kiara payung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Anti Damayanti H., S.Si., M.Mol.Bio.,
Uncontrolled Keywords: Air Pollution Tolerance Index (APTI), karakteristik stomata, pencemaran udara, tanaman industri.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2018 09:26
Last Modified: 09 Feb 2018 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum