MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2008/2009)

INNI DURROTUN NAFI'AH NIM. 04471180-03, (2009) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2008/2009). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2008/2009))
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (919kB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (TAHUN AJARAN 2008/2009))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (142kB)

Abstract

Pendidikan dikatakan bermutu jika ada suatu kerjasama dan keseimbangan antara input, proses, dan outputnya. Dari segi proses pendidikan disebut bermutu jika proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien ditunjang oleh sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana yang memadai. Sehubungan dengan hal tersebut peningkatan mutu dalam sebuah lembaga pendidikan sudah menjadi suatu keharusan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi tentunya lembaga pendidikan harus siap setiap saat dalam menghadapi persaingan di era teknologi saat ini. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang telah dicita-citakan tidak akan pernah lepas dari sistem manajemen di dalamnya. Salah satunya yaitu pelaksanaan manajemen kesiswaan yang merupakan bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan administrasi pendidikan khususnya bidang manajemen kesiswaan. Hasil penelitian ini diharapkan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan dengan fokus penelitian di MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena yang diamati atau data yang didapatkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan manajemen kesiswaan di MIN Tempel sudah baik. Hasil tersebut dapat dilihat pada pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PSB) yaitu pada pembentukan panitia PSB dan seleksi calon siswa baru; kegiatan pembinaan siswa; program Bimbingan dan Konseling (BK); dan kegiatan ekstrakurikuler (2) Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan berkaitan dengan pelaksanaan manajemen kesiswaan antara lain yaitu meningkatkan profesionalitas guru dengan megutus guru mengikuti penataran atau seminar pendidikan; meningkatkan kedisiplinan siswa yang meliputi kedisiplinan waktu dan beribadah; serta meningkatkan kreativitas siswa seperti melakukan studi lapangan dan mengikuti perlombaan antar sekolah atau madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Muhammad Anis, MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Siswa, Mutu, Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:28
Last Modified: 15 Mar 2017 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item