PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) PADA MATERI STOIKIOMETRI SMA/MA KELAS X SEMESTER 2

YESI YULIANI, NIM. 13670002 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) PADA MATERI STOIKIOMETRI SMA/MA KELAS X SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) PADA MATERI STOIKIOMETRI SMA/MA KELAS X SEMESTER 2)
13670002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) PADA MATERI STOIKIOMETRI SMA/MA KELAS X SEMESTER 2)
13670002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan Buku Panduan Pendidik Berbasis Reciprocal Teaching (RT) materi Stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas, analisis kualitas Buku Panduan Pendidik Berbasis Reciprocal Teaching (RT) materi Stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan reviewer, analisis respon pendidik kimia SMA/MA terhadap buku panduan pendidik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) disseminate (penyebarluasan), tanpa tahap disseminate. Penilaian kualitas buku panduan pendidik digunakan metode expert judgment (penilaian ahli). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli. Data diperoleh dari skor penilaian kualitas. Teknik analisis data berdasarkan kategorisasi. Sedangkan instrumen respon pendidik yang digunakan yaitu lembar respon pendidik. Teknik analisis data berdasarkan kategorisasi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penilaian kualitas buku panduan pendidik oleh ahli materi mendapatkan skor 73 dari skor maksimal 80, ahli media mendapatkan skor 56 dari skor maksimal 70, dan reveiewer mendapatkan skor rata-rata 134 dari skor maksimal 150 dengan kategori kualitas SB. Respon pendidik terhadap buku panduan pendidik mendapatkan skor rata-rata 128,5 dari skor maksimal 150 dengan kategori respon SB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Pendidik, Reciprocal Teaching, Stoikiometri
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2018 14:33
Last Modified: 09 Feb 2018 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum