PENGEMBANGAN KALKULATOR BENTUK MOLEKUL BERBASIS ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF

SEPTA IKA RATNASARI, NIM. 13670005 (2017) PENGEMBANGAN KALKULATOR BENTUK MOLEKUL BERBASIS ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KALKULATOR BENTUK MOLEKUL BERBASIS ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF)
13670005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KALKULATOR BENTUK MOLEKUL BERBASIS ANDROID MOBILE APPLICATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF)
13670005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan produk berupa kalkulator bentuk molekul berbasis android mobile application sebagai media pembelajaran kimia interaktif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan kalkulator bentuk molekul, mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, dan mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dibatasi sampai 6 tahap awal dari 10 tahap penelitian. Produk dinilaikan kualitasnya pada 3 guru kimia dan direspon 10 peserta didik. Uji coba terbatas dilakukan pada satu kelas yaitu XII IPA 4 SMA Negeri 1 Jetis dengan 3 observer untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan direspon oleh peserta didik pada kelas tersebut. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar penilaian kualitas, lembar respon, dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan penilaian skala 4. Kalkulator bentuk molekul dikembangkan menggunakan software Android Studio yang dapat dioperasikan pada smartphone android. Berdasarkan hasil penilaian kualitas oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 86,51% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik SMA/MA 85,36% kategori Sangat Baik (SB). Hasil dari observasi keterlaksanaan memperoleh persentase 86,2% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik SMA/MA dengan persentase 80,88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, media pembelajaran interaktif, android mobile application, bentuk molekul
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:43
Last Modified: 09 Feb 2018 07:43
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/29416

Actions (login required)

View Item View Item