PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA

NIA CHAFIDHOTUL LUTHFIYAH, NIM. 13670007 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA)
13670007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA)
13670007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang baik adalah siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatifnya. Namun, masih banyak guru yang kesulitan dalam mengembangkan keterampilan bepikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif siswa dapat dikembangkan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dan efektivitas model Problem Based Learning dengan menggunakan mind map terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain Non-equivalent control group. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Karangmojo Kelas XI MIPA Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data untuk mengkaji pengaruh model PBL menggunakan angket dan observasi. Angket dan observasi dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Teknik pengambilan data untuk mengkaji keefektifan penerapan model PBL menggunakan tes kognitif yang dianalisis untuk mengetahui thitung. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh dari penerapan model PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa ditinjau dari aspek afektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket dan observasi dengan nilai sig. (2-tailed) 0,05, yaitu sebesar 0,283 dan 0,547. 2) Penerapan model Problem Based Learning menggunakan mind map tidak efektif terhadap hasil belajar siswa pada kriteria efektivitas 75% siswa tuntas KKM 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kreatif, mind map, model PBL, Problem Based Learning.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:58
Last Modified: 09 Feb 2018 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item