PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 SEWON PADA MATERI KOLOID

VIGIANTI RACHMA AISYIYAH, NIM. 13670008 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 SEWON PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 SEWON PADA MATERI KOLOID)
13670008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 SEWON PADA MATERI KOLOID)
13670008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran guide inquiry terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi koloid dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik di beberapa SMA di Yogyakarta dan metode pendidik yang masih tidak dapat menstimulus untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap kemampuan berfikir kritis pada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Sewon Bantul yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan cara tes yaitu dengan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas yang selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dengan batuan software SPSS 20.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil pretest yang dilakukan dengan uji-t didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata – rata antara nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guide inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran guide inquiry, kemampuan berfikir kritis.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:42
Last Modified: 12 Feb 2018 03:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29419

Actions (login required)

View Item View Item