PERHITUNGAN DAN PENETAPAN NILAI GANTI RUGI DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (NYIA) DI KULON PROGO

FAUZIAH NUR ‘AINI, NIM. 13340095 (2017) PERHITUNGAN DAN PENETAPAN NILAI GANTI RUGI DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (NYIA) DI KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERHITUNGAN DAN PENETAPAN NILAI GANTI RUGI DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (NYIA) DI KULON PROGO)
13340095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERHITUNGAN DAN PENETAPAN NILAI GANTI RUGI DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN NEW YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (NYIA) DI KULON PROGO)
13340095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ganti Kerugian dalam Pasal 1 ayat (10) UU No 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum adalah penggantian yang layak dan adil kepada pihak yang berhak dalam proses pengadaan tanah. Selanjutnya ditegaskan dalam Pepres No. 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum bentuk ganti kerugian yang diberikan kepada pemilik hak atas tanah yang tanahnya digunakan untuk pembangunan bagi kepentingan umum adalah uang, tanah pengganti, pemukiman, kepemilikan saham atau bentuk lain yang disetujui oleh kedua belah pihak. Penentuan ganti kerugian merupakan salah satu hal yang sulit disepakati dalam proses pengadaan tanah. Seperti yang terjadi dalam proses perhitungan dan penentuan ganti rugi pengadaan tanah untuk pembangunan bandara di Kulon Progo yang meliputi Desa Jangkaran, Sindutan, Palihan, Kebon Rejo dan Glagah dengan tanah seluas 645,63 Hektar. Walaupun telah mencapai hasil kesepakatan dan hasil pengukuran serta penilaian besar ganti rugi, ternyata masih ada sebagian warga yang menolak menerima ganti rugi yang diberikan. Hal tersebut kemudian membuat sebanyak 35 orang dengan 79 bidang lahan seluas total sekitar 14 hektar mengajukan permohonan pengukuran ulang kepada Kantor Wilayah (Kanwil) BPN DIY. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui proses penetapan dan perhitungan ganti rugi dalam pengadaan tanah guna pembangunan NYIA dan apa kendala-kendalanya. Penelitian ini bersifat yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang tidak saja mempelajari tentang peraturan perundang-undangan tetapi juga menggunakan bahan yang bersifat sosiologis. Adapun teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara pada pihak-pihak yang terkait sebagai data primer dan melakukan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Dari hasil penelitian lapangan dan kepustakaan yang diperoleh bahwa Tim Appraisal merupakan lembaga independen yang ditunjuk oleh Kanwil BPN DIY dan Pemda DIY untuk bertanggung jawab penuh atas perhitungan dan penetapan ganti kerugian. Untuk perhitungan ganti rugi tersebut menggunakan metode perhitungan yang terdapat dalam SPI No. 306 tahun 2013 dan berpedoman pada UU No 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh Tim Appraisal dalam penentuan ganti rugi adalah masyarakat terbagi menjadi beberapa kategori yaitu sejak awal sudah menolak adanya pembangunan bandara, meminta nilai ganti rugi yang tinggi dan tidak rasional, iri dengan tetangga dan keluarga, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap proses dan metode penilaian harga tanah, serta terprovokasi oleh warga lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ISWANTORO, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Ganti rugi, pengadan tanah, Airport Kulon Progo
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Feb 2018 11:27
Last Modified: 12 Feb 2018 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum