PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

IMA FAHRI AFIFAH, NIM. 13670019 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN)
13670019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN)
13670019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) Berbasis Edutainment terhadap Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan, merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest – Posttest Control Group Design yang dilakukan di SMA Negeri 2 Bagnuntapan Kelas XI IPA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, diperoleh sampel kelas eksperimen (XI IPA 1) sampel kelas kontrol (XI IPA 2). Analisis pengaruh model pembelajaran TGT berbasis Edutainment terhadap hasil belajar, menggunakan instrumen tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Uji statistik yang digunakan adalah Uji-t Independent Sample T-test. Hasil analisis statistik menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan, bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbasis Edutainment mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Analisis pengaruh model pembelajaran TGT berbasis Edutainment terhadap kerjasama siswa, menggunakan instrumen angket. Instrumen yang digunakan berupa pernyataan terkait nilai kerjasama. Pengisian angket dilakukan dengan metode self assessment. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Mann_Whitney. Hasil analisis statistik menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan, bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbasis Edutainment mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kerjasama siswa. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran TGT berbasis Edutainment dapat meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament), Edutainment, hasil belajar, kerjasama, kuasi eksperimen.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:27
Last Modified: 12 Feb 2018 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29430

Actions (login required)

View Item View Item