PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAM DAN SAINS DALAM MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI

KHANIFAH NUR AZIZAH WIBOWO, NIM. 13670023 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAM DAN SAINS DALAM MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAM DAN SAINS DALAM MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI)
13670023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI ISLAM DAN SAINS DALAM MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI)
13670023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian untuk mengembangkan produk berupa LKS dengan integrasi-interkoneksi nilai-nilai kimia dengan keislaman telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu media berupa LKS yang memiliki nilai integrasi-intekoneksi dengan nilai keislaman. Kualitas dari produk yang telah dikembangkan diketahui dari respon para pengguna produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Brog dan Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah, yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, dan uji coba lapangan skala besar. Awalnya produk dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan dinilaikan kepada satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli integrasi-interkoneksi, dan tiga pendidik kimia menggunakan angket penilaian. Produk kemudian diujicobakan kepada 5 peserta didik dalam uji coba skala kecil dan 30 peserta didik dalam uji coba skala besar. Masing-masing peserta didik mengisi angket respon dan mengerjakan soal evaluasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui kualitas produk yang telah dikembangkan dan hasil uji coba produk terhadap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kualitas dari ahli materi sebesar 73.81% dengan kategori Baik (B), ahli media sebesar 92.50% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli integrasi-interkoneksi sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan pendidik kimia sebesar 95.6% dengan kategori Sangat Baik (SB). Pada uji coba skala kecil respon peserta didik sebesar 87.3% dengan kategori Baik (B) dan pada skala besar respon peserta didik sebesar 94.1%. Hasil evaluasi peserta didik pada skala kecil memperoleh persentase ketuntasan 60% dengan kategori Cukup. Hasil evaluasi peserta didik dari uji coba skala besar mendapatkan persentase ketuntasan 100% dengan kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Khamidinal, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, Brog dan Gall, LKS, integrasi-interkoneksi, hidrokarbon dan minyak bumi.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:05
Last Modified: 12 Feb 2018 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item