EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

EVI TRIYANA, NIM. 13600024 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA)
13600024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA)
13600024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model Guided Inquiry dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kedua, untuk mengetahui efektivitas model PBL dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Terakhir, untuk mengetahui efektivitas model Guided Inquiry dibandingkan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran dengan model Guided Inquiry dan model PBL. Variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Karangmoncol tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 98 siswa. Kelas eksperimen 1 diberikan treatment berupa pembelajaran model Guided Inquiry. Kelas eksperimen 2 diberikan treatment berupa pembelajaran model PBL. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial meliputi uji anova satu jalur dan uji tukey. Uji perbedaan rata-rata menghasilkan nilai sig. 0,05 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari ketiga kelompok. Uji lanjut dilakukan menggunakan uji tukey yang menghasilkan nilai sig. 0,05 pada setiap kelompok sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pada masing-masing kelompok. Dilihat dari skor gain, dapat diurutkan dari yang tertinggi yaitu model Guided Inquiry, model PBL dan model konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Guided Inquiry lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, model PBL lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan model Guided Inquiry lebih efektif dibandingkan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Guided Inquiry, Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:49
Last Modified: 13 Feb 2018 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item