PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

ZAINAL EFENDI, NIM. 13600034 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (27MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manakah yang paling berpengaruh antara pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TSTS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui manakah yang paling berpengaruh antara pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TSTS, pembelajaran dengan pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only group.Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas berupa pendekatan PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan dua variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N 6 Sleman tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 160 siswa, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas sebanyak 94 siswa yaitu kelas VII A, VII D, dan VII E. Kelas VII D sebagai kelas kontrol, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 1, dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest kemampuan pemecahan masalah dan postscale self confidence. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model kooperatif tipe TSTS paling berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence dibandingkan pemelajaran dengan pendekatan PBL dan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan pendekatan PBL lebih berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Problem Based Learning, Two Stay Two Stray,Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:55
Last Modified: 13 Feb 2018 02:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item