PERAN KEPALA DESA DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDES) DESA ROWOSARI KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG

LAILY LUTFIATUL FAIDAH, NIM. 13370050 (2017) PERAN KEPALA DESA DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDES) DESA ROWOSARI KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA DESA DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDES) DESA ROWOSARI KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG)
13370050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA DESA DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDES) DESA ROWOSARI KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG)
13370050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Negara Republik Indonesia sebagai Negara Kesatuan menganut asas desentralisasi dalam menyelenggarakan Pemerintahan dengan memberikan kesempatan dan keleluasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi daerah. Dalam rangka penyelenggaraan hubungan kewenangan antara pemerintah dan daerah, pasal 10 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 menegaskan, pemerintah daerah menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya, kecuali urusan pemerintahan. Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat-istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sumber pendapatan desa sebagaimana tersebut diatur dan dikelola dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang setiap tahunnya dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang ditetapkan dengan Peraturan Desa. Karena desa mempunyai hak untuk mengurus rumah tangganya sendiri, maka pengimplementasian dari APBDes sia-sia atau tidak memberikan hasil yang maksimal. Rencana pembangunan diperlukan desa guna menanggulangi kemungkinan terjadinya berbedaan antara apa yang diharapkan dengan apa yang senyatanya dicapai dalam proses implementasi. Peran kepala desa sangat diperlukan dalam hal ini, visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa(RPJMDesa). Rencana pembangunan jangka menengah desa inilah yang nantinya akan diturunkan untuk membentuk program pembangunan tahunan desa. Penelitian ini menitikberatkan pada peran Kepala Desa dalam penyusunan rancangan APBDes dilihat dari sudut pandang Syura yang berfokus pada prinsip keputusan dengan cara musyawarah mufakat. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peran Kepala Desa dalam penyusunan rancangan anggaran pendapatan belanja Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang dalam konsep Syura? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan dan wawancara. Teknik pengumpulan data penilitian ini adalah berupa studi lapangan dan studi kepustaakaan. Studi lapangan yang meliputi wawancara kepada 10 orang responden dalam bentuk lisan kepada anggota BPD dan masyarakat. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori Syura. Dalam teori Syura yang berarti “menyarikan pendapat yang berbeda-beda berkenaan tentang masalah tertentu dengan cara mengujinya dari berbagai pendapat hingga sampai kepada pendapat yang paling benar dan paling baik. Kesimpulan dan saran dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Kepala Desa Rowosari belum menerapkan prinsip-prinsip yang ada dalam musyawarah untuk mencapai mufakat sebagai cara pengambilan keputusan. Masyarakat berperan penting dalam penyusunan peraturan desa APBDes secara terukur, terpadu dan bersinergi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ahmad Patiroy, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: peran, kepala desa, peraturan desa apbdes.
Subjects: Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:34
Last Modified: 13 Feb 2018 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29453

Actions (login required)

View Item View Item