Ta'lim kitab matn al ajrumiyyah lifasl al thani min al awwaliyyah fi al madrasah al diniyyah Nurul Ummah li al banin Kotagede Yogyakarta

Muhammad Aniquzzaim, NIM. 10420029 (2017) Ta'lim kitab matn al ajrumiyyah lifasl al thani min al awwaliyyah fi al madrasah al diniyyah Nurul Ummah li al banin Kotagede Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ta'lim kitab matn al ajrumiyyah lifasl al thani min al awwaliyyah fi al madrasah al diniyyah Nurul Ummah li al banin Kotagede Yogyakarta)
10420029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Ta'lim kitab matn al ajrumiyyah lifasl al thani min al awwaliyyah fi al madrasah al diniyyah Nurul Ummah li al banin Kotagede Yogyakarta)
10420029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kitab Matan Ajjurumiyah yang mana kitab tersebut digunakan sebagai sumber pembelajaran ilmu nahwu di kelas II awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta serta bagaimana hasil evaluasi siswa kelas II awaliyah dari pembelajaran nahwu dengan bahan ajar kitab tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research). Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan teknik induktif untuk menganalisis pembelajaran nahwu dan content analysist untuk mengetahui karakteristik kitab Matan Ajjurumiyah , Penulis dalam mengungkapkan pembelajaran nahwu dengan kitab Matan Ajjurumiyah menggunakan pendekatan sosiologis – pedagogis. Pengumpulan data dengan melakukan observasi , wawancara, dokumentasi. Sedangkan triangulasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (9) karakteristik kitab Matan Ajjurumiyah adalah : a. dari segi penulisan ; sistematika penyampaian tema sesuai dengan kitab-kitab nahwu yang sudah diakui dikalangan ulama. Menggunakan bahasa Fushah dengan gaya kalam nastar dan penyampaian pembahasan dengan deskripsi, dan tulisan arabnya menggunakan harakat secara lengkap. b. Dilihat dari segi materi ; materi dikhususkan pada kajian kaidah nahwu. (0) Pembelajaran nahwu diampu oleh ustadz Muhammad Adrik Maftuhi dengan proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode presentasi dari siswa, sehingga persiapan siswa yang bertugas sangat diperlukan agar pembelajaran menjadi lancar. (3) Hasil evaluasi pembelajaran Nahwu menunjukkan hasil yang memuaskan. (0) Kitab ini sesuai digunakan sumber belajar kelas II awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tata bahasa, Jurumiyah, nahwu
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2018 14:32
Last Modified: 19 Feb 2018 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum